Merah Putih Berkibar di Gunung Sampah TPA Batu Layang

UPACARA - Puluhan relawan, warga, dan petugas kebersihan mengibarkan sang Saka Merah Putih lewat upacara peringatan HUT ke 75 di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA), Jalan Batulayang, Kecamatan Pontianak Utara, Senin (17/8/2020). KSP

PONTIANAK, insidepontianak.com – Puluhan relawan, warga, dan petugas kebersihan mengibarkan sang Saka Merah Putih lewat upacara peringatan HUT ke 75 di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA), Jalan Batulayang, Kecamatan Pontianak Utara, Senin (17/8/2020). Mereka berasal dari komunitas peduli lingkungan Kreasi Sungai Putat (KSP) dan organisasi masyarakat OI Kalbar.

“Kegiatan ini guna memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-75, selain itu mengedukasi masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, yang membuat masalah alam kita,” kata Ketua KSP, Syamhudi kepada insidepontianak.com, Senin (17/8/2020).

Bacaan Lainnya

FOTO KSP dan OI Kalbar.

Dia prihatin dengan luas sampah harian yang kian hari jumlahnya bertambah. Dia khawatir, jika tak dikendalikan, terjadi perbuatan ruang antara manusia dan sisa pakai atau sampah.

Untuk itulah, dia mendorong agar ada kesadaran mengurangi penggunaan sampah plastik. Selain itu, pihaknya juga ingin mengedukasi masyarakat bahwa sampah masih bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi masyarakat.

“Yang organik bisa untuk kompos dan non organik untuk kreasi lainnya yang bisa dimanfaatkan,” terangnya.

FOTO KSP dan OI Kalbar.

Pihaknya juga mengenalkan pembiakan lalat tentara hitam atau black soldier fly (BSF) yang bisa jadi pengurai efektif yang dapat dimanfaatkan mengolah sampah organik dan hasilnya, bahan pakan ternak untuk budidaya ayam dan bebek.

“Artinya sisa pakai punya potensi untuk mendukung sektor lain di bidang ekonomi dan kemandirian pangan,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *