Sirene Berbunyi, Puluhan Damkar Swasta Beri Hormat Merah Putih di Simpang Jalan Pontianak

HORMAT - Dua puluh relawan pemadam kebakaran dari damkar PPKS, Jawi Bhakti, dan Mitra Pal hormat pada bendera Merah Putih di detik-detik proklamasi di simpang Jalan Pancasila-Sungai Jawi, Pontianak, pukul 10.15 WIB, Senin (17/8/2020).

PONTIANAK, insidepontianak.com – Awalnya, lalu lintas seperti biasa. Kendaraan lalu lalang di jalan yang lengang di simpang Jalan Pancasila-Sungai Jawi, Pontianak. Pukul 10.15 WIB, sirene berbunyi. Dua puluh orang berpakaian warna-warni berdiri tegak dengan sikap sempurna. Lalu lintas berhenti. Mereka memandang langit tinggi. Memberikan penghormatannya pada sang Saka Merah Putih kibar di tengah jalan.

Peristiwa itu selintas dari aksi puluhan pemadam kebakaran (Damkar) swasta Pontianak yang serentak menyalakan sirene saat detik-detik proklamasi dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin (17/8/2020). Kegiatan digelar di sejumlah titik.

Bacaan Lainnya

Ketua Perkumpulan Pemadam Kebakaran Suwignyo (PPKS), Usman mengatakan, kegiatan tersebut digelar guna memeriahkan peringatan HUT RI Ke-75. Sekaligus, mengingatkan kembali perjuangan tokoh bangsa yang dengan susah merebut kemerdekaan.

“Jadi segaja kita gelar berbeda tak hanya membunyikan sirene, tapi juga membawa bendera dan memberikan penghormatan,” terang Usman.

Senada, Ketua Pemadam Kebakaran Jawi Bhakti, Ahuat berharap kegiatan tersebut dapat menginspirasi pemuda dan seluruh masyarakat untuk terus menghargai jasa pahlawan. Sebab kemerdekaan yang diraih, direbut dengan susah payah.

“Perjuangan itu susah, banyak nyawa yang menjadi korban, maka harus dihargai,” jelasnya.

Dirinya berharap, rasa nasionalisme bangsa Indonesia kian hari semakian baik. Tak perlu lagi disuruh memasang bendera, karena apa yang dilakukan sangat mudah. Dibandingkan dengan pengorbanan para pahlawan merebut kemerdekaan.

“Kadang kita juga marah, mau pasang bendera masih disuruh-suruh, makanya kita berharap bangsa Indonesia lebih mengertilah, menghargai 17 Agustus ini,” harapnya.

Ketua Pemadam Mitra Pal, Edi Kurniawan berharap di usia ke 75, bangsa Indonesia lebih maju, semakin jaya, kompak dan solid. Tanpa membedakan suku, ras dan agama.

“Kita di pemadam sendiri berbeda suku, dan agama, namun tetap menolong tanpa membedakan agama dan suku,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *