Kompetisi Matematika EMC Kembali Digelar Secara Daring

Direktur Edukasi Universal Indonesia (Eduversal), Dwi Prajitno Wibowo.(Istimewa)

JAKARTA, insidepontianak.com – Eduversal kembali menggelar kompetisi matematika tahunan tingkat nasional yakni Eduversal Mathematics Competition (EMC) yang diselenggarakan secara daring.

“Kami ingin turut berpartisipasi dalam meningkatkan partisipasi anak Indonesia terhadap matematika dan memfasilitasi siswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata,” ujar Manajer Proyek EMC 2020, Ade Kiki Ruswandi, dalam telekonferensi di Jakarta, dilansir dari Antaranews, Selasa (18/8/2020).

Kiki menambahkan pihaknya ingin mengajak masyarakat untuk berpikir, bahwa kemampuan matematika bukanlah bawaan sejak lahir. “Namun sesuatu yang bisa digali dan diasah asalkan memiliki keinginan untuk mempelajarinya.”

Berdasarkan dari hasil Programme for International Student Assessment (PISA) yang dirilis pada Desember 2019, kemampuan siswa bidang literasi, sains, dan matematika masih di bawah rata-rata kemampuan negara OECD.

Kiki menambahkan lemahnya kemampuan siswa di bidang matematika tidak hanya, sekadar menghitung tetapi juga cara mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu yang mendorong pihaknya menyelenggarakan EMC.

Soal-soal EMC ditekankan lebih kepada pendalaman materi dasar di setiap tingkatan kelas dengan tingkat kesulitan yang dibagi menjadi tiga, yaitu mudah, sedang dan sulit dengan tujuan mengukur tingkat adaptasi siswa terhadap soal.

“Dengan adanya kemudahan mengerjakan soal-soal secara online, uji coba, analisis kemampuan siswa, webinar pendidikan, penghargaan yang tersedia dalam setiap tahap, dan e-sertifikat menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta,” terang dia lagi.

Pendaftaran EMC 2020 dapat dilakukan mulai 18 Agustus 2020 hingga 10 November 2020 melalui laman http://edumath.id/. Pelaksanaan EMC akan berlangsung pada tanggal 14 November 2020 dan pemenangnya akan diumumkan pada 21 November 2020, sedangkan pemberian penghargaan untuk para pemenang akan dilaksanakan pada bulan Februari 2021.

Kompetisi yang memperebutkan hadiah dengan total Rp78 juta, dibagi menjadi tujuh kategori yakni kelas lima hingga sebelas. Juara pertama akan mendapatkan hadiah senilai Rp5.000.000, juara dua akan mendapatkan hadiah senilai Rp3.000.000, juara tiga akan mendapatkan hadiah Rp2.000.000, dan honorable mention mendapatkan hadiah senilai Rp 1.000.000.

“Pelaksanaan EMC pada tahun ini diselenggarakan secara daring. Mulai dari pendaftaran hingga final. Kalau tahun lalu, biasanya hanya sampai pada babak penyisihan saja yang dilakukan secara daring. Akan tetapi kali ini, karena pandemi COVID-19 diselenggarakan hanya satu babak dan semuanya daring,” jelas dia.

Setiap peserta akan mendapatkan laporan mengenai kemampuan dirinya pada akhir kompetisi. Melalui laporan tersebut, peserta dapat melakukan evaluasi dan memperbaiki kemampuan matematikanya.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *