Physical Distancing, Ketapang Terapkan Marka Jalan ala Starting Grid Balapan

Marka jalan yang mirip starting grid balapan. Ini dibuat untuk menjaga jarak pengendara. (Fauzi/Insidepontianak.com)

KETAPANG, insidepontianak.com – Satuan Lalu Lintas Polres Ketapang, menyiapkan Ruang Henti Khusus (RHK) khusus kendaraan roda dua. RHK ini memberikan jarak antara satu motor dan lainnya di perhentian traffic light. Hal ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Pengguna sepeda motor diharapkan dapat menaati peraturan ini. Selama masih di masa pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Kasat Lantas Polres Ketapang, AKP Aditya Octorio Putra, pemberlakuan marka jalan (tanda berupa garis) memiliki fungsi utama untuk memberi batas antar pemotor.

“Kita menerapkan physical distancing di persimpangan atau traffic light, ini kita berlakukan untuk kendaraan roda dua, sehingga kendaraan roda dua tidak berhimpitan dan physical distancing bisa terpenuhi,” katanya, Selasa (18/8/2020).

Nantinya akan ada petugas yang memantau masyarakat terkait physical distancing di persimpangan atau traffic light tersebut. Marka tambahan tersebut selain berfungsi membuat pengendara menjaga jarak, juga membiasakan pengguna jalan untuk patuh terhadap aturan dan rambu-rambu lalu lintas yang ada.

“Sudah mulai kita sosialisasikan dan setiap hari kita sosialisasikan. Kita lihat nanti hasilnya kalau misalnya setelah dievaluasi masih ada yang melanggar kita siapkan sanksi. Bisa sanksi sosial atau juga penindakan hukum berupa tilang,” tutupnya. (fauzi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *