Pemkab Sintang Diminta Umumkan Hasil Pemeriksaan Spesimen Swab Mobile PCR Covid-19 ke Masyarakat

Kadinkes Kalbar, Harrison. (ANDI/insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson mendorong Pemerintah Kabupaten Sintang mengumumkan hasil swab laboratorium mobile combat PCR Covid-19, yang telah dijalankan Dinas Kesehatan setempat dalam beberapa waktu belakangan.

Hal itu penting dilakukan. Tujuannya supaya masyarakat bisa mengetahui di mana-mana saja sebaran kasus-kasus positif baru Covid-19 yang telah ditemukan.

Bacaan Lainnya

“Saya minta Kabupaten Sintang, hasil testing dan tracing yang diperiksa di lab mobile-nya, agar hasilnya itu diungkap kepada masyarakat. Agar masyarakat tahu, kalau ada yang positif itu di mana. Dan, masyarakat tidak lengah dan tidak merasa daerahnya sudah aman,” katanya.

Sebab, di masa tatanan hidup baru new, bukan berarti kasus Covid-19 sudah hilang. Justru, masih ada potensi kasus-kasus baru yang belum terlacak.

Hal itu diketahui berdasarkan data epidemiologi Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar. Di mana diperkirakan masih ada sekitar tiga persen populasi masyarakat yang sebetulnya tertular Covid-19.

“Ini berpotensi menularkan ke orang lain. Untuk itu, masyarakat memang harus terus-menerus menerapkan protokol kesehatan. Satgas Kabupaten/kota itu harus terus bergerak melakukan pencegahan,” pesannya.

Razia di tempat umum harus tetap dilaksanakan. Warga yang terjaring karena abai terhadap protokol kesehatan langsung diswab. Jika ditemukan ada yang positif tertular Covid, segera diisolasi dan diselidiki secara epidemiologi guna mencari sumber ketertularan.

“Sehingga, kita bisa memetakan untuk melakukan tindakan pencegahan,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *