Bidan dan Perawat Positif Covid-19, Seluruh Petugas Puskesmas Purnama Jalani Swab

TES - Dinkes Pontianak melaksanakan tracking dan tracing dengan swab PCR terhadap sejumlah kasus konfirmasi di Pontianak, Sabtu (22/8/2020).

PONTIANAK, insidepontianak.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pontianak memeriksa seluruh petugas Puskesmas Purnama, Kecamatan Pontianak Selatan dengan swabs test. Langkah tersebut dilakukan, pascaditemukannya dua kasus konfirmasi Covid-19 yang menimpa seorang perawat dan bidan.

“Hari ini kita sudah melakukan tracking dan testing kepada kontak erat konfirmasi positif Covid-19 kepada seluruh pegawai Puskesmas,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu, Sabtu (22/8/2020).

Bacaan Lainnya

Hinggga saat ini, pelayanan kesehatan Puskesmas Purnama masih ditutup sementara. Dinkes masih menunggu hasil pemeriksaan swab test kepada seluruh petugas yang diprediksi akan keluar dalam beberapa hari ke depan.

“Kalau kondisi normal tiga hari hasilnya biasanya akan keluar,” ujarnya.

Jika nantinya hasil pemeriksaan swab keluar, dan terdapat petugas yang terinfeksi positif, mereka akan menjalani isolasi. Namun, bagi petugas yang dinyatakan negatif dapat kembali bertugas.

Untuk kasus konfirmasi di Puskesmas Purnama sendiri diketahui dari pemeriksaan rapid test yang rutin digelar Puskesmas. Dari hasil rapid test inilah ditemukan dua petugas yang hasil tesnya reaktif.

“Setelah itu ditindaklanjuti dengan swab, dan hasilnya juga positif,” jelasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *