Yuliansyah: Anak Kopral Sukses Jadi Pengusaha Minyak dan Pejuang Gerindra

Ketua DPD Gerindra Kalbar, Yuliansyah.

Besar dari seorang bapak tentara berhasil membentuk karakter Yuliansyah yang tangguh dan pemberani. Sejak kecil, ia sudah terbiasa didikan keras. Disiplin. Mandiri. Sehingga, tumbuh dengan mental baja.

Pendidikan keluarga ala militer itu jadi bekal baginya terjun di dunia bisnis. Ia tak memilih jadi tentara. Seperti sang Bapak yang sudah purna tugas dengan pangkat terakhir kopral. Ia lebih malah merintis usaha retail minyak bermitra dengan Pertamina.

Bacaan Lainnya

Semua dimulai sendiri. Cari modal sendiri. Dari nol. Tanpa campur tangan siapapun. Termasuk dari orangtua. Tahun 2003, ia mendirikan PT Cangka Jaya Jova. Konsen di bidang perminyakan. Merintis perusahan tersebut, tak selalu berjalan mulus.

Tak sedikit aral melintang menjadi tantangan. Sempat jatuh bangun. Tahun 2005 bisnis minyak Yuliansyah melesu. Akibat dampak ‘mini-krisis’ karena terjadi kenaikan harga minyak internasional dan impor. Ketika itu, pemerintah dipaksa memotong subsidi BBM yang sangat besar.

Hal itu pun menyebabkan harga bahan bakar konsumen meningkat lebih dari dua kali lipat dari harga normal. Akibatnnya nilai tukar Rupiah melemah. Sehingga terjadi inflasi cukup besar.

DILANTIK – Yuliansyah dan pengurus DPD Hiswana Migas Kalbar periode 2019-2023 dilantik Ketua DPD IV Hiswana Migas Kalimantan, Amien Santang, di Hotel Golden Tulip, Pontianak, Kamis (5/12/2020). ISTIMEWA

“Imbasnya usaha saya saat itu jatuh. Nyaris terpuruk,” kata Yuliansyah.

Akal akar berpulas tak patah. Ia terus berjuang memutar otak. Membangun kembali usaha minyaknya, pascadihantam badai kenaikan harga minyak internasional tersebut. Berkat kegigihan dan kerja kerasnya, perlahan usaha itu bangkit.

Sampai sekarang, usaha bahan bakar minyak yang digeluti Yuliansyah berkembang pesat. Ia sudah memiliki  lebih dari satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Tersebar di sejumlah titik di wilayah Kalbar.

Yuliasnyah merasakan, kesuksesan yang telah diraihnya itu, murni hasil kerja keras.  Semua berawal dari niat dan perjuangan panjang. Tidak ada yang instan. Kerja keras dan kegigihan menjadi kunci baginya menggapai cita-cita menjadi pengusaha sukses.

“Untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis dan usaha, harus dimulai dari niat dan tekad. Dan yang tak kalah penting menjaga nama baik agar selalu dipercaya,” kata Yuliansyah.

Besar di Lingkungan Keraton

Yuliansyah, tumbuh besar di lingkungan Istana Kadriah Pontianak. Ia lahir di Kampung Luar, Tanjung Raya 1, Pontianak Timur, 25 Januari 1972. Tamat TK sampai perguruan tinggi di Pontianak.

Bapaknya, Udin Ahmad merupakan perantauan asal Balikpapan. Seorang anggota TNI yang bertugas di Detasemen Perbekalan dan Angkutan (Denbakang) Kodam XII Tanjungpura Pontianak.

“Kalau ibu saya (Salbiah) pekerjaanya ibu rumah tangga saja,” ujar suami Yayu Triana ini.

Yuliansyah anak ketiga dari enam bersaudara. Satu saudara laki-lakinya, jadi penerus sang Ayah. Sebagai anggota TNI.

Yuli sapaan karib ayah empat anak itu, berperawakan ramah. Sederhana. Loyal dan lembut. Hobinya otomotif. Aktif di organisasi Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalbar. Sampai sekarang pun masih menjadi Ketua IMI Kalbar. Di organisasi perhimpunan pengusaha minyak (Hisnawamigas)  ia juga dipercaya  menjadi ketua.

PENGHARGAAN – Ketua IMI Kalbar, Yuliansyah (tengah) saat menghadiri IMI Awards 2019 yang digelar di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, Rabu (18/12/2019). IMI KALBAR

Berniat Calon Bupati Kubu Raya

Sukses di dunia usaha, Yuliansyah merambah atmosfer politik. Tokoh politik yang diidolakannya adalah sang Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Ia pun memilih partai Gerindra sebagai perahu.

Bak gayung bersambut, Yuliansyah langsung mendapat kepercayaan menjadi Ketua DPD Gerindra Kalbar periode 2019-2024. Menggantikan Suriansyah, yang kini masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kalbar.

Meski pengalaman politik masih dianggap minim, namun Yuliansyah percaya diri mampu memimpin partai besutan Menteri Pertahanan tersebut. Bahkan ia berkomitmen bakal membesarkan Gerindra di Kalbar.

Jumat (21/8/2020) pekan lalu, saya bertemu dengan pria 48 tahun itu, di Kantor DPD Gerindra Kalbar. Di bawah kepemimpinanya, kantor partai menjelma mewah. Seperti kantor perusahaan bonafit.

PENGURUS – Ketua DPD Gerindra Kalbar, Yuliansyah dan jajaran pengurus baru partai tersebut periode 2019-2024. ISTIMEWA

Bilboard gambar kepala burung garuda bercorak merah, terpampag besar di dinding depan ruko tiga lantai yang berada di bilangan Jalan Hasanudin, Pontianak. Di sebelah kiri, tersekat ruangan staf. Lengkap komputer sebagai perangkat untuk mendukung pekerjaan administrasi.

“Saya punya target akan menjadikan Gerindra sebagai partai nomor satu di Kalbar,” ujarnya bersemangat.

Sebagai Ketua DPD Gerindra Kalbar, Yulianysah ingin menciptakan kader-kader yang unggul. Bisa bermanfaat untuk banyak orang. Seluruh fraksi yang duduk di parlemen diminta untuk bekerja sebaik mungin untuk konstituen.

“Di partai ini, saya tanamkan niat saya untuk mengabdi ke masyarakat melalui kerja-kerja politik,” katanya.

Ia sendiri berencana akan ikut dalam bursa pencalonan kepala daerah di Pilkada Serentak 2024 mendatang. Kursi Bupati Kubu Raya jadi targetnya. Namun tak menutup kemungkinan, juga ikut calon Pilwako Pontianak tiga tahun mendatang.

“Saya tengah siapkan diri,” akunya.

AKSI SOSIAL – Gerakan Partai Gerindra di bawah kepemimpinan Yuliansyah tidak hanya di jajaran parlemen, tapi juga turun ke bawah membantu masyarakat. ISTIMEWA

Alasannya ingin menjadi kepala daerah di Kubu Raya, sederhana. Dia ingin Kubu Raya maju setara dengan Kota Pontianak. Apalagi Kubu Raya punya potensi sumber daya alam berlimpah. Punya sumber pendapatan yang cukup banyak.

Potensi pertaniannya sangat besar. Bahkan Kubu Raya bisa menjadi salah satu kabupaten penopang kemandirian pangan di Kalbar. Sebab itu, kata dia, potensi itu harus dikelola oleh orang yang tepat dan ahli di bidang manajerial.

“Saya ingin Kubu Raya menjadi wilayah yang mandiri secara ekonomi. Masyarakatnya sejahtera,” katanya.

Setidaknya itulah niat Yuliansyah merambah ke politik. Ia ingin berguna untuk orang banyak. Seperti pesan ayahnya, yang selalu mengajarkan nilai-nilai sosial dan perjuangan untuk kepentingan masyarakat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *