Terkendala Internet, Guru di Siding Keliling Rumah Siswa

MENGAJAR - Guru-guru di Tawang dan Sentabeng, Jagoi Babang, Kecamatan Siding, Bengkayang rutin mendatangi siswa mereka untuk mengajar sejak siswa diliburkan karena pandemi. Tidak adanya infrastruktur yang memadai, membuat belajar dari rumah yang digaungkan pemeritahan tak bisa dilakukan di pedalaman Kalbar.

BENGKAYANG, insidepontianak.com – Guru-guru di pedalaman Bengkayang tak patah arang meski internet dan segala infrastruktur teknologi tak dimiliki. Mereka tetap mengabdikan diri, memastikan siswa-siswi mendapat perhatian dan pelajaran. Keliling dari rumah ke rumah di tengah pandemi.

Guru-guru di Tawang dan Sentabeng, Jagoi Babang, Kecamatan Siding, Bengkayang rutin mendatangi siswa mereka. Anak murid dikelompokkan agar mudah mengajar. Bukan tanpa alasan, jangankan internet atau ponsel Android, listrik saja daerah itu sulit.

Bacaan Lainnya

Jalan lumpur di kala hujan, tak jadi penghalang. Jatuh bangun di perjalanan, jadi cerita yang tak akan dilupakan.

“Guru-guru berinovasi salah satunya membentuk kelompok-kelompok kecil dengan tidak membaurkan anak yang berbeda zona,” cerita Plt. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Bengkayang, Gustian Andiwinata.

Apa yang dilakukan para guru, mendapat dukungan penuh Gustian. Pandemi tak jadi alasan mereka berhenti mengajar. Justru kreativitas muncul.

“Satu perinsip yang kami lakukan yaitu pembelajaran dilakukan dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan Covid-19 dan tidak boleh membaurkan anak-anak yang berasal dari dusun/RT atau zona yang berbeda,” tambah Gustian.

Dinas juga memberikan kebebasan guru mengatur kurikulum yang digunakan dengan tetap mengacu pada kurikulum nasional dan tercapainya kompetensi dasar satuan pendidikan. Gustian berharap, pemeritahan bisa mendukung bakti para guru dengan menambah penghasilan mereka.

“Tanggung jawab seorang guru pada anak murid, tidak beda dengan tanggung jawab orangtua pada anaknya,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *