41 PMI Kalbar Dipulangkan Malaysia, Paling Banyak dari Sambas

TIBA - Sebanyak 89 PMI dideportasi dari Malaysia dan tiba di Kantor Dinsos Kalbar, Kamis (27/8/2020) malam.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Sebanyak 41 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kalbar dideportasi dari Malaysia, Kamis (27/8/2020). Angka itu hanya bagian dari total 89 orang yang dipulangkan. Sisanya berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Khusus untuk Kalbar, PMI paling banyak berasal dari Sambas yakni 17 orang. Lainnya ada dari Kubu Raya lima orang, Mempawah empat orang, Landak enam orang, Singkawang empat orang, Bengkayang empat orang, dan Kapuas Hulu dua orang.

Bacaan Lainnya

Sedangkan 48 lainnya merupakan PMI dari luar Kalbar. Terdiri dari sembilan orang dari Jawa Tengah, empat orang dari Jawa Barat, 13 orang dari Jawa Timur, satu orang Yogyakarta, 11 orang dari Sulawesi Selatan, dua oramg dari Sulawesi Barat, satu orang dari Sumatera Utara, satu orang dari Sumatera Barat, satu orang dari Aceh, dua orang dari Jambi, dan dua orang dari Nusa Tenggara Barat.

Kepala Dinas Sosial Kalbar, Golda M Purba mengatakan 89 PMI yang dideportasi itu dinyatakan sehat berdasarkan hasil swab yang telah dijalani di Imigrasen Bekenu dan Semuja Kuching dengan hasil negatif Covid-19.

“Di pintu masuk PLBN Entikong seluruh PMI ini juga telah menjalani rapid test dengan hasil NR,” katanya.

PMI yang berasal dari Kalbar langsung dipulangkam ke kampung halamannya masing-masing, setelah melalui proses asesmen.

“Dan yang dari luar daerah, sementara ditampung di shelter Dinas Sosial Pemprov Kalbar, untuk dipulangkan secara bertahap,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *