Pemkot Pontianak Bersolek, Percantik Trotoar dengan Pohon Berbunga

MELINTAS - Seorang warga Pontianak Timur melintas di trotoar Jalan A Yani Pontianak, beberapa waktu lalu.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak tengah melakukan pengerjaan trotoar di sejumlah jalan di Kota Pontianak. Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan pengerjaan trotoar tersebut dilakukan bersamaan dengan penataan pohon yang serba berbunga.

Dengan kondisi tanah dan cuaca kota berjuluk Khatulistiwa ini, pepohonan berfungsi sebagai peneduh, pengarah dan penghias.

Bacaan Lainnya

“Sehingga Kota Pontianak menjadi lebih cantik dan menarik,” ujarnya, Sabtu (29/8/2020).

Dia menjelaskan pengerjaan trotoar Jalan Ahmad Yani sudah dimulai setelah proses pengadaan dan lelang selesai. Di lapangan sudah mulai proses pengerjaan, baik yang lanjutan Tugu Digulis maupun pada segmen jalan nasional yakni dari eks Gedung Kartini hingga Untan. Kemudian dari Jalan Sutoyo hingga Kantor Gubernur Kalbar.

“Dengan lebar bervariasi mulai enam hingga sembilan bahkan dua belas meter,” sebutnya.

Edi menargetkan pengerjaan trotoar diperkirakan selesai akhir tahun ini. Namun untuk trotoar segmen jalan nasional diperkirakan selesai tahun depan. Pembangunan trotoar ini diharapkan bisa menjadi ikon infrastruktur yang humanis di Kota Pontianak.

“Kota yang indah adalah kota yang berkarakter, maunya saya Kota Pontianak berkarakter kota taman, hijau, bersih dan tertata,” imbuhnya.

Menurutnya, ruang-ruang publik harus bisa mengakomodir kebutuhan semua orang sebagai tempat berinteraksi masyarakat. Dengan komposisi penduduk Kota Pontianak yang heterogen, ruang publik sebagai wadah masyarakat dalam berinteraksi dan berkomunikasi.

Untuk memberikan kenyamanan di ruang publik, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak memfasilitasi dengan menyediakan kursi untuk duduk saat warga bersantai menikmati suasana di ruang publik.

“Mereka bisa santai duduk dan menikmati suasana kota ini, kita akan ciptakan Kota Pontianak sebagai destinasi yang nyaman,” pungkasnya.

View this post on Instagram

Misalnya, taman akan dilengkapi dengan sejarah atlet sepeda dari Pontianak. Bentuknya tengah dipikirkan, apakah perunggu, patung atau lainnya. Penghargaan ini diharap bisa memancing para generasi muda untuk berolahraga sepeda. Seperti beberapa nama yang telah sukses menjadi pesepeda di Kota Pontianak. “Pengabadian pesepeda yang berprestasi sebagai bentuk penghargaan. Bahwa di Kota Pontianak memiliki atlet pesepeda yang mendunia hingga Asean Games,” katanya. Selain itu akan dibuat sarana edukasi beragam fasilitas atau contoh pemenuhan kebutuhan pesepeda. Misalnya tempat parkir, jalur anak belajar bersepeda dilengkapi rambu lalu lintas, dan toilet yang memungkinkan pesepeda mandi atau berganti pakaian. “Kita akan membuat Kota Pontianak menjadi ramah pesepeda. Tentu juga pembuatan rute sepeda yang aman. Lalu fasilitas parkir sepeda di beberapa tempat perkantoran atau warung kopi,” katanya. Diperkirakan taman itu akan selesai tahun depan. Baca selengkapnya di insidepontianak.com atau klik tautan di bio @insidepontianakcom. #insidepontianak #pontianak #kalbar #beritapontianak #beritakalbar

A post shared by insidepontianakcom (@insidepontianakcom) on

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *