Memprihatinkan, Lahir Tanpa Anus, Arif  Butuh Uluran Tangan

BUTUH BANTUAN - Arif Sugianto, seorang bocah Mempawah berusia enam tahun yang lahir tanpa anus membutuhkan bantuan.

MEMPAWAH, insidepontianak.com – Lahir dengan kondisi tidak memiliki lubang anus (atresia ani) dan hidup bersama keluarga di bawh garis kemiskinan, membuat Arif Sugianto, seorang bocah berusia enam tahun terpaksa menahan badan. Sakit, pedih dan rasa ketidakwajaran ditanggungnya sejak lahir.

Dia tinggal di rumah berlantai tanah milik saudaranya di Gang Nelayan, Desa Sungai Burung, RT 01 RW 01, Kecamatan Segedong, Kabupaten Mempawah, Kalbar.

Bacaan Lainnya

Sejak enam tahun lalu, pertama kali Arif dilahirkan, di suatu tempat pelayanan kesehatan. Orangtuanya tidak menyangka kalau anaknya harus dipasang kolostomi.

Lubang anusnya ternyata tidak tembus. Kelainan itu mungkin terjadi karena faktor genetik sejak dalam kandungan ibunya.

Ibunda tercintanya meninggal empat tahun lalu. Kini anak bungsu dari empat bersaudara itu dirawat oleh bibinya. Ayahnya juga tidak bekerja lantaran sakit asma yang diderita.

Tekad kuat Arif ingin sembuh dengan jalan operasi masih membara dalam dadanya. Namun apalah daya, kondisi keluarga yang tidak mengizinkan. Bahkan selama ini dia tinggal dengan abang ipar dari orangtuanya di rumah yang kurang layak.

“Saya ingin sembuh, tolong bantu saya,” kata Arif melirih dari dalam rumah berlantai tanah tersebut belum lama ini.

Tak ada jalan lain yang bisa menyembuhkan penyakitnya. Menempuh jalan operasi merupakan satu-satunya solusi. Namun keterbatasan biaya membuat Arif terpaksa menahan semuanya sejak lahir.

Selama ini, alternatif baginya untuk Buang Air Besar (BAB) menggunakan kolostomi. Dokter melakukan insisi bedah untuk membuat lubang kecil di bagian perutnya. Memotong usus besar yang terhubung ke anus lalu mengalihkannya jalur lubang yang dibuat di perut.

“Sedikit terbantu dengan ini tapi ke mana-mana kan susah, ada rasa malu juga,” katanya.

Saat ini para relawan yang menyebut mereka tergabung dalam komunitas The Rock sedang berupaya mengumpulkan dana untuk pengobatan Arif.

Bagi donatur yang rela hati, bisa membantu biaya operasi Arif dengan mentransfer uang ke Rekening BCA 171 023 3949 atas nama Susanto. Bisa juga menghubungi Susanto Tan via WhatsApp ke nomor 085252082082 atau Juniek Can 0852-1355-0998 dan Lofran 085245297471.

“Besar harapan kami agar pemerintah daerah atau para dermawan lain mau membantu pengobatan adik Arif,” kata salah satu relawan The Rock, Susanto Tan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *