Selamat Jalan Bapak HMI Kalbar, Prof Hamka Siregar

Almarhum Prof Hamka Siregar.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Mantan Rektor IAIN Pontianak, Hamka Siregar tutup usia, Sabtu (5/9/2020). Almarhum meninggal di usia 56 tahun di Rumah Sakit Mitra Mitra Medika Pontianak.

Semasa hidup, almarhum dikenal sebagai tokoh HMI Kalbar yang sangat loyal. Ia pun telah dianggap sebagai sang ayah di korp organisasi hijau hitam itu. Dedikasinya tak diragukan lagi.

Bacaan Lainnya

“Beliau senantiasa tidak pernah berhenti untuk mengkader generasi baru HMI, sampai akhir hayat,” kata Ketua Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Pontianak, Subhan.

Pemikran-pemikiran kritis Prof Hamka, dalam memandang kehidupan sosial dan politik mengalir di kader-kader HMI. Selain itu, Hamka juga dikenang sebagai orang yang selalu mengajarkan nilai-nilai agama yang luas.

“Beliau selalu berpesan. Dalam beragama itu bukan hanya sekadar syariah saja. Tetapi juga harus tahu hakikatnya itu apa. Supaya segala hal yang dilakukan oleh manusia ada maknanya,” ucapnya.

Subhan mengenal sosok almarhum Prof Hamka sebagai sosok yang rendah hati. Penyabar. Ikhlas dalam menghadapi berbagai masalah. Selalu bersemangat sampai akhir hayat.

“Dan bagi saya, dan saya yakin bagi kader yang lain, beliau itu, bukan hanya sebagai abang, atau kakanda. Tetapi sudah menjadi orang tua kita juga. Siapapun yang di HMI pasti kenal beliau,” tutur Subhan.

Sebagai tokoh HMI Kalbar, Prof Hamka selalu berpesan agar kader-kader HMI tak berhenti menjalankan perannya dalam membangun umat.

Dedikasi Prof Hamka dalam membesarkan HMI di Kalbar akan selalu dikenang. Semangatnya dalam melakukan kaderisasi akan menjadi teladan bagi kader-kader penerusnya di HMI.

“Dan konsistensi itu yang selalu saya lihat dari awal almarhum datang ke Kalbar sampai beliau meninggal. Beliau tidak pernah putus semangat,” katanya.

Mewakili seluruh kader HMI, Subhan mengucapkan selamat jalan untuk Prof Hamka ke jalan surga. Dia mendoakan almarhum senantiasa mendapat tempat yang terbaik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *