Kadis Pariwisata: Tren Wisata Saat Pandemi Berubah

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kalbar, Windy Prihasty.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kalbar, Windy Prihasty mengatakan tren pariwisata saat ini telah berubah. Jika dahulu wisatawan kerap pergi berbondong, kini mereka lebih senang pelesir dalam kelompok kecil.

“Trend ecotourism akan menjadi model pariwisata yang lebih diminati, maka peran pemerintah dan generasi milenial dalam mempromosikan destinasi wisata, harus mulai memanfaatkan momen ini untuk mengembangkan potensi wisata alam di daerah,” jelasnya saat Pembinaan dan Penguatan Generasi Pesona Indonesia (Genpi) di Mahkota Hotel, Sabtu (5/9/2020) malam.

Bacaan Lainnya

Promosi wisata ini harus tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan. Para anggota Genpi Kalbar pun dapat jadi pemandu atau contoh bagaimana berwisata aman di kala pandemi.

Selain itu, Genpi harus bisa memanfaatkan media digital untuk mempromosikan destinasi wisata yang belum diketahui masyarakat. Dengan demikian, warga sekitar destinasi wisata itu akan berkembang. Ekonomi bergerak.

Ecotourism, adventure tourism dan wellness tourism diperkirakan menjadi jenis wisata yang paling diminati, khususnya untuk kegiatan grup kecil dan aktif seperti interaksi di luar ruangan, kegiatan edukasi alam untuk keluarga, contohnya pergi ke destinasi pegunungan, dengan aktivitas camping dan hiking,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *