Kepesertaan JKN-KIS Kayong Utara Tertinggi di Kalimantan Barat

RAPAT - Bupati Kayong Utara, Citra Duani saat rapat dengan BPJS Kesehatan Pontianak di ruang kerjanya, Senin (7/9/2020).

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Perkembangan pencapaian kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kabupaten Kayong Utara sampai Agustus 2020 sebanyak 121.493 jiwa atau 95,44 per dari 127.301 jiwa, tertinggi di Kalbar.

Malah, capaian rata-rata nasional baru mencapai 83,14 persen.

Bacaan Lainnya

Bupati Kayong Utara, Citra Duani merincikan untuk segmen penerima bantuan iuran APBN berjumlah 46.862 jiwa. Segmen penerima bantuan iuran APBD berjumlah 44.131 jiwa. Segmen pekerja penerima upah pemerintah dan swasta berjumlah 24.920 jiwa. Adapun masyarakat yang mendaftar dengan membayar iuran JKN secara mandiri berjumlah 5.175 jiwa.

Citra juga menyayangkan kebijakan Pemerintah Pusat yang kembali menaikan iuran BPJS. Padahal seharusnya Pemerintah Pusat dapat meringankan beban masyarakat, diantaranya menurunkan biaya BPJS, bukan sebaliknya.

“Saat kondisi ekonomi kita sedang sulit kenapa Pemerintah Pusat menaikkan BPJS, yang seharusnya BPJS ini menjadi sentuhan kepada masyarakat kecil, dan khususnya Kayong Utara ini menggratiskan pendidikan dan kesehatan menjadi skala prioritas. Ini tidak akan tercapai kalau Pemerintah tidak konsen,” ungkap Citra Duani usai rapat forum kemitraan dengan BPJS Kesehatan tingkat Kabupaten Kayong Utara di Ruang Rapat Kantor Bupati, Senin (7/9/2020).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *