Ada Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak, Edi Harap Partisipasi Penuhi Hak Anak

PASANG - Ketua APINDO Pontianak, Andreas Acui menyematkan pin APSAI ke Wali Kota Pontianak, Edi Kamtono, Selasa (8/9/2020).

PONTIANAK, insidepontianak.com – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menilai butuh keterlibatan seluruh pihak dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak agar maksimal. Terbentuknya Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) diharapkan bisa menjadi wadah sinergi dan percepatan upaya perlindungan anak.

“Terutama untuk memastikan peran sektor swasta dan pelaku bisnis bersama-sama dengan pemerintah dan masyarakat dalam pemenuhan hak-hak anak,” ujarnya usai pembentukan APSAI Kota Pontianak di Ruang Pontive Center, Selasa (8/9/2020).

Bacaan Lainnya

APSAI merupakan sebuah asosiasi independen yang dapat menentukan kriteria kelayakan sebuah perusahaan terhadap pemenuhan hak-hak anak dan mengukur kelayakan sebuah perusahaan yang baik bagi anak. Tujuannya untuk memperhatikan kesejahteraan anak-anak dengan cara mendampingi, membantu serta memberikan penghargaan kepada perusahaan yang memiliki kebijakan, program maupun produk yang layak untuk anak.

Edi menambahkan, sektor swasta memiliki peran strategis untuk menjadi mitra pemerintah, anggota masyarakat dan berbagai instansi berbasis komunitas lainnya.

“Bersama-sama membentuk tiga pilar utama penggerak pembangunan berorientasi pada pemenuhan hak-hak anak,” ungkapnya.

Hingga saat ini, lanjutnya, berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Pontianak dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak. Mulai dari kebijakan, program maupun kegiatan yang berkaitan dengan pemenuhan hak anak.

“Namun itu semua tidak akan maksimal jika tidak ada kepedulian, kesadaran dan peran aktif setiap individu, keluarga, masyarakat dan dunia usaha,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *