Pesan Berantai Daftar Nama Penerima Bantuan UMKM Rp2,4 Juta di Mempawah Dipastikan Hoaks

Ilustrasi.

MEMPAWAH, insidepontianak.com – Beredar pesan berantai berisikan daftar nama pendaftar bantuan sosial tunai (BLT) bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Mempawah yang lolos seleksi dan berhak menerima uang senilai Rp24 juta merupakan kabar bohong alias hoaks.

Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Penanaman Modal, Koperasi, UKM dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Mempawah, Masmudi mengatakan salah satu program pemerintah selama pandemi Covid-19, UMKM akan dapat bantuan sebesar Rp2,4 juta dengan skema ditransfer langsung ke rekening pendaftar yang lolos verifikasi.

Bacaan Lainnya

“Pesan berantai yang beredar di masyarakat Kabupaten Mempawah dengan format PDF yang mana isinya daftar nama penerima bantuan UMKM yang lolos verifikasi itu hoaks,” kata Masmudi, Kamis (10/9/2020).

Dia menjelaskan, pelaku UMKM yang akan menjadi penerima bantuan langsung tunai sebagai kompensasi dari pemerintah selama pandemi, tidak akan diumumkan melalui pesan berantai dengan format PDF. Melainkan akan langsung dihubungi oleh Bank BRI.

“Yang resminya itu penerima yang lolos verifikasi akan dihubungi oleh Bank BRI via WA Link,” katanya.

Dalam dokumen yang tersebar melalui pesan berantai WhatsApp itu, terdapat data lengkap pendaftar bantuan UMKM 2020. Ada nama, alamat usaha, nomor ponsel dan jenis usaha se-Kalimantan Barat.

Masmudi turut menyesalkan data itu bisa tersebar di masyarakat. Dia mengimbau masyarakat agar mengonfirmasi apa pun yang berhubungan dengan bantuan UMKM tersebut kepada dinas terkait agar tidak miskomunikasi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 Komentar

  1. Banyak bantuan umkm tdk tepat sasaran orang yang sama sekali tidak punya usaha foto orang yang punya usaha babi, dan kios itu dapat sedangkan orang yang punya usaha foto hasil usahanya tidak dapat kami tidak terima tolong penjelasannya