Satgas Pamtas 641 Amankan Ribuan Butir Obat Ilegal Asal Malaysia

SERAHKAN - Satgas Pamtas Yonif Raider 641/Beruang menyerahkan ribuan obat ilegal asal negeri Jiran Malaysia ke Kantor Bea dan Cukai Tipe Madya C, Entikong guna proses lebih lanjut, Rabu (9/9/2020).

SANGGAU, insidepontianak.com – Ribuan obat ilegal asal negeri Jiran Malaysia diamankan Satgas Pamtas Yonif Raider 641/Beruang di jalur Inspeksi Patroli Perbatasan (JIPP), Rabu (9/9/2020) dinihari. Barang tersebut dibawa tiga warga Desa Bungkang, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau.

Dansatgas Pamtas Yonif Raider 641/Bru, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono menuturkan, pengungkapan berawal
dari patroli wilayah yang digelar, Rabu malam sekitar pukul 23.00 WIB.

Bacaan Lainnya

“Di sana kita melihat tiga orang memikul tiga karung keluar dari wilayah Malaysia melalui JIPP, dan tim patroli segera menghentikan dan mengamankan ketiga pelaku ke Pos Lubuk Tengah,” terangnya.

Dari hasil pemeriksaan petugas, tiga karung tersebut berisikan ribuan obat merek Paracil, tablet 500 mg. Obat dengan kandungan parasetamol 500 mg ini merupakan kategori obat bebas. Kegunaanya untuk penurun demam dan pereda nyeri.

“Meski masuk kategori obat bebas, namun karena masuk dari luar negeri secara ilegal dan tidak ada sertifikasi dari BPOM maka masuk kategori ilegal,” paparnya.

Saat ini, ribuan obat tersebut telah disita dan diserahkan ke Kantor Bea dan Cukai Tipe Madya C, Entikong guna proses lebih lanjut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *