DPRD Proses Pengunduran Diri Empat Dewan Kalbar

Wakil Ketua DPRD Kalbar, Suriansyah.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Barat telah menerima surat pengunduran diri
seluruh anggota DPRD yang mencalonkan diri dalam Pilkada serentak 2020 di Kalbar. Saat ini DPRD tinggal menunggu usulan partai politik, agar pemberhentian dan proses pergantian antar waktu (PAW) dapat segera diajukan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Pada prinsipnya masing-masing anggota DPRD telah mengajukan surat pengunduran diri ke DPRD. Surat tersebut harus dilengkapi juga surat usulan partai, yang sampai hari ini belum ada,” terang Wakil Ketua DPRD Kalbar, Suriansyah.

Bacaan Lainnya

Jika nantinya usulan tersebut dilengkapi, maka sekretariat DPRD akan memprosesnya sesuai mekanisme. Selanjutnya, pimpinan DPRD mengajukan usulan PAW ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Kalbar.

“Apabila disetujui, maka DPRD menerbitkan persetujuan terhadap PAW, sesuai dengan PP Nomor 12 tahun 2018 tentang Peraturan Tata Tertib DPRD,” ungkapnya.

Sementara, anggota DPRD pengganti yang diusulkan partai politik kepada DPRD, dan DPRD mengajukan kembali nama pengganti kepada Mendagri melalui Gubernur.

“Jika ada persetujuan tentang pengangkatan, maka DPRD melaksanakan rapat paripurna istimewa pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD pengganti antarwaktu,” tuturnya.

Di Pilkada Serentak 2020 di Kalbar, ada empat anggota DPRD yang telah mendaftarkan diri ke KPU sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati. Tiga diantaranya kader Partai PDI Perjuangan, dan satu kader Partai Demokrat.

Mereka adalah Sebastianus Darwis, anggota DPRD fraksi Partai PDI Perjuangan, yang berasal dari dapil Kalbar 3, yang meliputi Kota Singkawang dan Kabupaten Bengkayang. Darwis maju sebagai bakal calon Bupati Bengkayang, berdampingan dengan Syamsul Rizal, kader partai Golkar. Pasangan ini diusung Partai Gerindra dan Golkar.

Selain itu, Yohanes Rumpak, anggota DPRD fraksi PDI Perjuangan dapil Kalbar 7, meliputi Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi dan Kapuas Hulu. Di Pilkada Serentak 2020, dia maju dalam kontestasi Pilkada Sintang berpasangan dengan Syarifuddin.

Selanjutnya, Darso, anggota DPRD fraksi Partai PDI Perjuangan dapil Kalbar 4, Kabupaten Sambas. Di Pilkada Sambas dia maju sebagai bakal calon Wakil Bupati mendampingi Helman Fahri.

Terakhir, Aron, anggota DPRD fraksi Partai Demokrat yang berasal dari dapil 6 meliputi Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Sekadau. Di Pilkada Sekadau 2020, Aron maju sebagai bakal calon Bupati bersama dengan kader Nasdem, Subandrio.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *