Pasien Covid-19 Asal Pontianak Meninggal di RSUD Soedarso

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Satu pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Soedarso meninggal dunia, Senin (14/9/2020) sekitar pukul 18.50 WIB.

“Yang meninggal dunia ini seorang laki-laki berumur 42 tahun. Alamatnya di Pontianak,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson, Selasa (15/9/2020).

Menurut Harisson, pasien tersebut masuk IGD RSUD Soedarso Senin pagi sekitar pukul 06.30 WIB. Seminggu sebelum masuk rumah sakit, almarhum mengalami demam dan batuk.

“Satu hari sebelum masuk rumah sakit, dia mengalami sesak nafas. Dan saat masuk ke IGD di-rapid tes. Ternyata reaktif. Kemudian dilakukan pemeriksaan swab PCR oleh rumah sakit Soedarso hasilnya positif. Jadi diagnosisnya pnemunia karena tertular Covid-19,” jelasnya.

Dengan diagnosa Covid-19, maka pemulasaran jenazah pasien tersebut tetap dilakukan sesuai protokol kesehatan Covid-19.

“Jenazah susah dibawa pulang oleh keluarganya,” katanya.

Dengan tambahan satu kasus kematian pasien Covid-19 tersebut, Harisson mengingatkan kepada masyarakat agar tidak menyepelekan ancaman virus Covid-19.

“Dan sekarang kasus kematian kita sudah mulai beranjak naik. Kalau kita lihat, pasien yang meninggal ini umurnya masih muda. Tapi ternyata infeksi Covid yang dialaminya berakibat fatal. Sekali lagi kepada masyarakat saya ingin mengingatkan jangan remehkan Covid-19,” pesannya.

Pendisiplinan protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, cuci tangan secara rutin, harus terus dijalankan. Hanya dengan cara itu, penularan Corona bisa dicegah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *