Sukadana dan Kepulauan Karimata Masuk Kawasan Strategis Pariwisata

WISATA - Kepulauan Karimata yang dikelilingi pulau - pulau kecil dan air yang biru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mencoba wisata baru di Kabupaten Kayong Utara. ISTIMEWA

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Kawasan Kepulauan Karimata masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata (KSP) Kayong Utara, sesuai Pembangunan Pariwisata Kabupaten Kayong Utara yang berpedoman pada Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah (Ripparda) KKU 2018-2028.

Untuk menunjang hal tersebut, Pemerintah Daerah mencanangkan Pulau Pelapis menjadi titik masuk. Karena saat ini sebagian pulau-pulau di Karimata masuk dalam kawasan Cagar Alam Laut (CAL). Berdasarkan data yang dihimpun, 43 pulau dari 83 pulau di Kepulauan Karimata atau kurang lebih 189 Ha dari 480 Ha merupakan kawasan CAL dan hutan lindung.

Bacaan Lainnya

“Oleh karena itu salah satu strateginya adalah mengeksplorasi daya tarik Pelapis sebagai destinasi dan entry point (pintu masuk) destinasi di Kepulauan Karimata, baik di kawasan luar CAL, maupun kawasan CAL,” tutur Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kayong Utara, Tasfirani.

Untuk menunjang hal tersebut, Pemerintah Daerah Kayong Utara melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kayong Utara akan membenahi desa wisata Pelapis, mulai dari tol gate (pintu masuk), home stay, maupun kuliner.

“Ada dua KSP yaitu KSP Sukadana dan KSP Kepulauan Karimata. Pembangunan pariwisata sampai tahun 2028, fokus pada dua KSP ini, yakni membenahi kelembagaan, destinasi, pemasaran dan industri pariwisata,” tambahnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *