Dewan Minta Pemprov Kalbar Segera Siapkan Penunjukan Penjabat Bupati

Wakil Ketua DPRD Kalbar, Suriansyah.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Suriansyah mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) agar segera menyiapkan penjabat (PJ) Bupati di lima kabupaten yang menggelar Pilkada Serentak Desember 2020.

“PJ Bupati ini sangat penting disiapkan. Biasanya kalau sudah penetapan, otomatis Bupati atau pejabat daerah yang sekarang sudah berhenti dan harus ditunjuk penjabat yang melaksanakan tugas Bupati,” terang Suriansyah kepada insidepontianak.com.

Bacaan Lainnya

Saat ini, DPRD belum menerima laporan dari Pemprov terhadap usulan PJ Bupati di lima daerah.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalbar, AL Laysandri mengatakan sudah mengusulkan sejumlah nama ke Kemendagri untuk ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) Bupati di enam Kabupaten di Kalbar.

Lima kabupaten yang bakal mengalami kekosongan kepala daerah dalam waktu dekat ini yaitu, Sintang, Melawi, Sekadau, Sambas dan Ketapang. Kekosongan kepala daerah di lima Kabupaten itu karena kepala daerahnya kembali mencalonkan diri di Pilkada Serentak 2020.

Sedangkan di Kabupaten Bengkayang, kekosongan kepala daerahnya terjadi karena Bupatinya terjerat kasus korupsi. Sedangkan pelaksana tugasnya meninggal dunia.

“Untuk calon-calon Pj tersebut, kita sudah lama mengajukan (ke Mendagri). Tapi sampai hari ini belum ada (keputusannya),” kata Laysandri, Rabu (16/9/2020).

Menurut Laysandri, tertanggal 26 September 2020 ini, lima kepala daerah di Kalbar yang kembali mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah di Pilkada serentak tersebut sudah dinyatakan cuti.

Karena itu, penunjukan penjabat sementara harus segera dikeluarkan. Supaya roda pemerintahan di pemerintah kabupaten terkait bisa berjalan sampai terpilihnya kepala daerah definitif hasil pilkada serentak.

“Kita akan minta kepala perwakilan kita (di Jakarta) Bu Dasa, untuk terus menanyakan di sana (Kemendagri). Karena ini (penunjukan Pj Bupati) harus segera. Karena tanggal 26 ini mereka (Bupati yang ikut Pilkada) sudah cuti,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *