Bawaslu Kalbar Pastikan Tindak Paslon Pilkada Langgar Protokol Kesehatan

Bawaslu
Faisal Riza, Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Provinsi Kalbar. (Foto FB)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Komisioner Bawaslu Kalbar, Faisal Riza memastikan Bawaslu akan mengawasi penerapan protokol kesehatan terhadap paslon-paslon yang bakal melakukan kampanye di Pilkada serentak 2020 di tujuh kabupaten di Kalbar. Mereka yang melanggar, akan diberikan sanksi.

Menurutnya, dalam Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2020, jelas mengatur bagaimana pelaksanaan pilkada serentak di masa pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Di dalam PKPU 10 itu, pelaksanaan protokol kesehatan menjadi perhatian yang harus dipatuhi oleh setiap pasangan calon saat berkampanye,” ucapnya.

Atas dasar itu, bila ada paslon kepala daerah yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan dalam tahapan kampanye, Bawaslu berhak melakukan penindakan dan memberikan sanksi administrasi.

“Bawaslu punya kewenangan melakukan pengawasan dan penegakan hukum Pemilu. Kami bisa pakai undang-undang karantina kesehatan. Jadi, kalau ada paslon yang berkampanye dan melanggar protokol kesehatan, maka Bawaslu bersama aparat akan menindak dan membubarkan,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *