Jarot dan Terry Ibrahim Deklarasikan Desa Tanjung Sari dan Desa Senangan Jaya sebagai Desa ODF

TANDA TANGAN - Bupati Sintang, Jarot Winarno dan anggota DPRD Kalbar, Terri Ibrahim ambil bagian dalam deklarasi Desa Tanjung Sari dan Desa Senangan Jaya di Kecamatan Ketungau Tengah sebagai desa Open Defecation Free (ODF) atau Setop Buang Air Besar Sembarangan, Selasa (22/9/2020).

SINTANG, insidepontianak.com – Bupati Sintang, Jarot Winarno dan anggota DPRD Kalbar, Terri Ibrahim ambil bagian dalam deklarasi Desa Tanjung Sari dan Desa Senangan Jaya di Kecamatan Ketungau Tengah sebagai desa Open Defecation Free (ODF) atau Setop Buang Air Besar Sembarangan. Kegiatannya dipusatkan di Desa Tanjung Sari, Selasa (22/9/2020).

Bupati Sintang, Jarot Winarno menjelaskan bahwa stuntung adalah masalah kesehatan saat ini. Kebersihan lingkungan dengan sanitasi total berbasis masyarakat, bisa mengubah hal tersebut.

Bacaan Lainnya

Ada lima hal yang bisa dilakukan rumah tangga, yakni tidak buang air besar sembarangan, cuci tangan, jaga kebersihan makan dan minuman, buang sampah pada tempatnya dan limbah rumahan tidak mengotori lingkungan agar kualitas masyarakat lebih sehat.

“Deklarasi ODF ini merupakan perjuangan di bidang kesehatan dan aspek budaya dalam rangka mengajak masyarakat menjaga pola hidup bersih dan sehat itu sangat penting,” katanya.

Dia mengajak masyarakat di kampung tidak buang air besar sembarangan. Bila perlu, dibuat peraturan desa.

“Kalau ada orang luar buang air besar sembarangan tegur, kalau perlu tangkap,” pesan Jarot.

Dengan telah dideklarasinyakan Desa Tanjung Sari dan Desa Senangan Jaya ini, Jarot memberikan penghargaan yang setinggi-tinggainya kepada pihak desa, dan masyarakat. Hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa.

“Dijaga apa yang sudah dicapai, tadi saya sempat tinjau juga segala WCnya, bagus, manfaatkan sebaik-baiknya,” tutup Jarot.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *