Sosialisasi Koperasi TKBM, Erlina: Pembentukan Koperasi Rekomendasi Bupati Mempawah

Bupati Mempawah, Erlina.

MEMPAWAH, insidepontianak.com – Permasalahan Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di Pelabuhan Internasional Kijing mencuat di masyarakat. Pemerintah Kabupaten Mempawah mengambil langkah dengan melakukan sosialisasi bersama di Aula Kantor Bupati, Senin (21/9/2020) kemarin.

Hasil rapat sosialisasi tersebut memutuskan bahwa TKBM yang bekerja di Pelabuhan Internasional Kijing harus berdasarkan rekomendasi Bupati Mempawah.

Bacaan Lainnya

Sosialisasi yang dipimpin oleh Bupati Mempawah, Erlina bertujuan meluruskan kisruh perebutan hak pekerjaan sebagai TKBM di Pelabuhan Internasional Kijing. Seluruh koperasi jasa yang ingin mengelola TKBM di Pelabuhan Kijing diundang dalam sosialisasi tersebut.

“Semua pihak sudah pernah menandatangani bersama kesepakatan dalam rapat yang digelar di Jakarta pada tanggal 24 Juni 2019 lalu. Saat itu sudah hadir unsur Pemerintah Pusat, Pemprov Kalbar, Pemkab Mempawah, pengurus Koperasi TKBM, dan KSOP,” katanya.

Erlina mengatakan, berdasarkan Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, secara administrasi Pelabuhan Terminal Kijing berada di wilayah Pemerintah Kabupaten Mempawah. Maka dari itu walaupun exciting pelabuhan ada di Pontianak tapi karena lokasi Pelabuhan Internasional Kijing, koperasi TKBM harus ada rekomendasi Bupati.

“Pembentukan koperasi TKBM pelabuhan baru oleh Kantor Syahbandar dan KSOP Pontianak perlu rekomendasi dari Bupati. Ini perlu dipertegas harus berdasarkan rekomendasi Bupati, dan rekomendasi Bupati diberikan kepada TKBM yang telah ditunjuk oleh Bupati Mempawah periode sebelumnya,” katanya.

Sebelumnya, terjadi saling klaim antara Koperasi TKBM Mitra Masa II dengan koperasi yang direkomendasikan oleh Bupati Mempawah. Koperasi TKBM Mitra Masa II merasa pihaknya berhak mengelola pekerjaan bongkar muat di Pelabuhan Internasional Kijing, karena rekomendasi Bupati berbeda terjadilah kisruh.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *