Edi Kamtono Targetkan 95 Persen Ruang Terbuka Dipenuhi Pohon di 2022

TANAM - Wali Kota Pontianak, Edi Kamtono bersama Club Pecinta Lingkungan menanam pohon di jalan paralel Sungai Raya Dalam tepatnya di depan RSUD Sudarso, Sabtu (15/8/2020). PROKOPIM PONTIANAK

PONTIANAK, insidepontianak.com – Wali Kota Pontianak, Edi Kamtono menargetkan 95 persen ruang terbuka dipenuhi pohon di tahun 2020. Target ini untuk meningkatkan kualitas udara di Pontianak. Tahun lalu, Kota Pontianak mendapat nominasi kota besar dengan udara terbersih.

“Saya menargetkan pada 2022 mendatang 95 persen lahan terbuka kita sudah tertanam, terutama di badan jalan, ruang publik baik milik umum maupun masyarakat,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Jika rencana ini berjalan, maka ruang terbuka hijau makin luas. Selain peningkatan kualitas udara, dampaknya juga baik untuk kebahagiaan masyarakat. Upaya ini berbarengan dengan pengawasan ketat terhadap kerja industri dalam kota dan pengurangan pemakaian kendaraan pribadi.

“Jika pembakaran tidak sempurna seperti mesin yang terjadi kerusakan sehingga menimbulkan gas buangan yang lebih besar efeknya ke lingkungan,” ungkapnya.

Edi Kamtono juga berharap warga tidak membakar sampah pada sembarang tempat. Alasannya, partikel debu akan mempengaruhi kualitas udara. Kendaraan yang sudah tua, juga harus dijaga mesinnya supaya bagus.

Saat ini, setiap minggu terus dilakukan penghijauan di beberapa titik yang masih bisa ditanam pohon. Penataan kembali ruang terlantar, badan jalan, dan halaman rumah kosong.

Sebenarnya usaha ini sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu. Namun berdasarkan pengalaman, pohon yang telah ditanam dimatikan warga karena dianggap mengganggu pandangan bangunan.

“Masih banyak pekerjaan rumah yang harus terus diupayakan. Seperti masih ada beberapa masyarakat yang kurang sadar dan mengerti tentang arti penghijauan dan keberadaan pohon,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *