Warga Pertanyakan Proyek Jalan Sukadana–Siduk Mandek

AMBAS - Truk bermuatan amblas di Jalan Siduk-Sukadana, Sabtu (3/10/2020). MUHAMMAD FAUZI

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Pekerjaan proyek jalan Sukadana–Siduk yang menelan biaya APBD Kalbar Rp2,6 miliar sejak beberapa pekan belakangan tanpa aktivitas kegiatan. Bahkan beberapa alat berat di lokasi proyek pun tidak tampak.

Hal ini membuat masyarakat, sebagai pengguna jalan bertanya–tanya, apakah pekerjaan proyek jalan yang berstatus jalan provinsi tersebut sudah selesai dikerjakan.

Bacaan Lainnya

“Saya lihat sudah satu minggu lebih tidak ada lihat orang kerja lagi, alat berat pun sudah tidak ada lagi saya lihat di lokasi,” terang Rony salah satu jasa angkutan taksi, Ketapang–Sukadana.

Rony yang setiap hari melintas mengatakan, masih banyak jalan di Kayong Utara yang berstatus jalan provinsi rusak parah.

“Itu yang dikerjakan saya kira tidak sampai 1 km, itupun tidak aspal. Tidak tahu juga hanya itu saja atau pakai aspal. Tapi kalau lama dikerjakan aspalnya takutnya jalan yang sudah ada ini rusak lagi,” tuturnya.

Insidepontianak.com pun mencoba mengonfirmasi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kayong Utara, Suratmin. Dia mengatakan belum mengetahui secara detail apakah pekerjaan jalan provinsi yang menelan biaya Rp2,6 miliar tersebut sampai item pengaspalan.

“Untuk progres jalan provinsi tersebut untuk sekarang kami belum mendapat info,” jawab Suratmin.

Beberapa angkutan, khususnya truk dengan muatan melebihi tinggi bak mobil masih sering terlihat melintas di jalan provinsi yang rusak parah. Padahal sesuai edaran Gubenur Kalimantan Barat Nomor: 550/670/DISHUB.C, menekankan pembatasan muatan kendaraan angkutan barang melebihi lima ton atau setara dengan jumlah berat yang diperbolehkan tujuh ton untuk kendaraan yang melewati ruas jalan Sungai Durian Rasau Jaya, angkutan penyeberangan, Rasau Jaya-Teluk Batang, Teluk Batang-Sukadana, dan ruas jalan Sukadana–Siduk.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *