Ditpolairud Kalbar Sita 1.000 Batang Kayu Ilegal

SITA - Ditpolairud Polda Kalbar menyita 1.000 batang kayu olahan tanpa dokumen resmi, di steher Gang Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kamis (9/10/2020).

PONTIANAK, insidepontianak.com – Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kalbar mengamankan 1.000 batang kayu olahan, tanpa dokumen resmi, di steher Gang Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kamis (9/10/2020).

Kayu ilegal tersebut dibawa dengan cara ditarik menggunakan sebuah kapal motor oleh tersangka SM (38). Saat ini, pelaku dan barang bukti sudah diamankan.

Bacaan Lainnya

Kanit Lidik Subdit Gakum Ditpolairud, Iptu Jumadi Setiawan mengatakan pengungkapan ini berawal dari laporan masyarakat, adanya kapal yang menarik kayu campuran dari Limbung menuju Sungai Raya. Informasi tersbeut ditindaklanjuti dengan penyelidikan. Cukup bukti, petugas lantas melakukan penindakan.

“Kami temukan dan dilakukanlah penindakan kepada kapal tanpa nama yang diduga membawa kayu. Setelah diperiksa didapati ada 1.000 batang kayu tanpa disertai dokumen,” terangnya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, kayu tanpa izin tersebut diduga akan dijual di wilayah Sungai Raya. Kendati demikian, petugas masih mendalami kasus ini.

Saat ini pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Mako Ditpolairud. SM terancam dengan pasal 83 UU 18 tahun 2013 Bidang Kehutanan, dengan ancaman penjara paling singkat satu tahun dan paling lama lima tahun, serta denda Rp500 juta.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *