Jalan Siduk-Sukadana Macam Kubangan

KUBANGAN - Jalan Siduk-Sukadana rusak parah akibat hujan beberapa hari terakhir, Kamis (15/10/2020).

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Hujan deras yang terjadi beberapa hari belakangan membuat kondisi jalan Sukadana-Siduk semakin rusak parah. Jalan yang berstatus jalan provinsi ini sudah sejak lama rusak dan hanya mendapatkan perbaikan dari Provinsi Kalbar sekitar Rp2,6 Miliar.

Buruknya kondisi jalan membuat beberapa angkutan truk terguling.

Bacaan Lainnya

“Biasa saya lewat ada saja truk yang as mobilnya patah, mungkin beban yang cukup berat sehingga tidak mampu melewati lubang-lubang yang dalam,” ungkap warga Sukadana Ari, Kamis (15/10/2020).

Akses satu-satunya menuju Kabupaten Ketapang ini membuat masyarakat tidak ada pilihan lain, selain menerjang jalan yang rusak. Padahal sebelumnya hanya memerlukan waktu satu jam lebih, namun sekarang bisa mencapai dua sampai tiga jam.

“Belum lagi kalau bawa mobil rendah, banyak yang mengeluh rusak karena kena di bagian mesin,” terangnya.

Selain itu, pemerintah daerah, hingga desa pun melakukan swadaya bersama masyarakat untuk menampal jalan yang rusak, dengan bahan seadanya. Untuk seputaran Jalan Sukadana saja, yang merupakan pusat kota Kabupaten Kayong Utara masih banyak terdapat jalan rusak. Bahkan beberapa pengguna jalan, khususnya roda dua sering kecelakaan.

“Jalan lubang-lubang ini memang harus ditutup. Takutnya ada korban-koran lain. Saya selaku kepala desa bersama masyarakat inisiatif untuk menutup lubang ini,” ungkap Kepala Desa Sutera Ripa’i.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *