Sipant Lotup, Sumber Air Panas Unik dari Sanggau Siap Sambut Wisatawan

UNIK - Sipant Lotup, sumber air panas di Dusun Peruntan, Desa Sape, Kecamatan Jangkang, Kabupaten Sanggau jadi destinasi wisata baru di Kalimantan Barat.

SANGGAU, insidepontianak.com – Sumber air panas Sipant Lotup di Dusun Peruntan, Desa Sape, Kecamatan Jangkang, Kabupaten Sanggau jadi destinasi wisata baru di Kalimantan Barat. Untuk menyambut wisatawan di era new normal, pemerintah meluncurkan Gerakan Bersih, Indah, Sehat dan Aman (BISA) di Sipant Lotup.

Direktur Kelembagaan, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Reza Fahlevi menyampaikan bahwa Gerakan BISA bertujuan mendorong penerapan standar protokol kesehatan di destinasi wisata.

“Juga memberdayakan para pekerja, pelaku pariwisata (masyarakat) setempat di sekitar lokasi untuk dapat ikut terlibat dalam kegiatan Gerakan BISA ini,” jelas Reza Fahlevi, Sabtu (17/10/2020).

Sipant Lotup memang mempunyai keunikan tersendiri. Sumber air panas ini satu-satunya di Kalimantan Barat, padahal tidak ada gunung merapinya.

“Tantangannya adalah akses dan mudah-mudahan ke depan lebih ditingkatkan dan saya pikir ini cukup untuk berkembang,” ujarnya.

Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot berharap gerak berkelanjutan dari masyarakat. Gerakan ini merupakan gerakan secara menyeluruh dan tentu bukan hanya menjadi tugas masyarakat setempat, akan tetapi kepada siapapun (pengunjung) masyarakat Kabupaten Sanggau dan Kalimantan Barat.

Termasuk para wisatawan manca negara untuk dapat bersama-sama disiplin menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat wisata air panas Sipant Lotup.

Yohanes berharap, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendorong pembangunan infrastruktur terkait.

“Kita sangat beruntung dan harapan ke depan lebih berkembang lagi dan pemerintah daerah tentu selalu mendorong ini untuk lebih mempersiapkan apa yang menjadi kekurangan dan kelemahan,” tuturnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *