Virtual Job Fair Pontianak Dibuka, 1.101 Lowongan Kerja Tersedia

Tangkapan layar portal pontianakjobfair.com.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Virtual Job Fair Pontianak lewat situs pontianakjobfair.com resmi dibuka, Senin (19/10/2020). Ada 1.101 lowongan terdiri dari 908 lowongan kerja lokal, dan 193 lowongan luar negeri tersedia. Bursa kerja virtual ini berlangsung hingga 21 Oktober 2020.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menjelaskan biasanya agenda serupa digelar di Pontianak Convention Center (PCC), dengan pameran dan stand perusahaan. Namun karena pandemi, bursa kerja ini dilangsungkan lewat laman khusus. Hampir semua bidang pekerjaan ada dalam bursa kerja kali ini.

Bacaan Lainnya

“Akibat pendemi, banyak yang kesulitan dapat pekerjaan bahkan ada yang diberhentikan. Harapan kita warga kota dapat diterima bekerja di setiap bidang yang ada,” kata Edi Kamtono saat pembukaan Virtual Job Fair yang disaksikan langsung di akun YouTube Diskominfo Pontianak.

Dia menjelaskan, dari data tahun 2019, Pontianak memiliki 299.065 jiwa angkatan kerja. Angka pengangguran terbukanya 27.311 jiwa dengan partisipasi angkatan kerja 61,62 persen.

“Artinya dari 100 penduduk usia 15 tahun ke atas, 61 orang bekerja,” katanya.

Pontianak yang sudah mendapatkan bonus demografi, harus bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Jika salah langkah, justru bisa menyebabkan tingginya angka pengangguran.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTK-PTSP) Kota Pontianak, Junaidi menjelaskan dengan virtual, bursa kerja memperpendek jarak dan waktu pencari kerja. Mereka bisa langsung memasukkan lamaran via pontianakjobfair.com.

“Karena secara online, yang mengakses ada sekitar tiga ribuan calon pelamar ini, baru hari pertama,” katanya.

Bursa kerja kali ini diikuti beragam bidang perusahaan. Perbankan, perhotelan, hingga perkebunan ambil bagian. Bahkan ada 193 lowongan dari luar negeri.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *