Edi Kamtono: Tingkatkan Kualitas Dulu, Kenaikan Tarif PDAM Belakangan

Wali Kota Pontianak, Edi Kamtono.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Wali Kota Pontianak, Edi Kamtono mengatakan Perumda Air Minum Tirtra Khatulistiwa harus meningkatkan kualitas pelayanan untuk mendapatkan pendapatan optimal. Opsi kenaikan tarif jadi yang paling akhir.

“Kenaikan tarif itu bukan satu-satunya jalan, harus kualitas pelayanan diutamakan,” katanya dalam Sosialisasi Tata Kelola Perusahaan yang Baik oleh BPKP Kalbar di Hotel Golden Tulip, Rabu (21/10/2020).

Bacaan Lainnya

Sebagai pemilik perusahaan daerah, Wali Kota ingin pelayanan jadi utama. Masih ada sejumlah pekerjaan rumah yang harus dibenahi. Seperti kebocoran air yang mencapai di atas 30 persen, menyelesaikan tunggakan di atas Rp20 miliar, serta kualitas air yang masih menjadi keluhan pelanggan.

Termasuk sambungan air bersih yang ditargetkan bisa mencakup 100 persen. Sebagai perusahaan daerah yang memonopoli air bersih, sudah seharusnya semua warga terlayani.

“Seperti kemarin kita memberikan subsidi Covid-19 selama tiga bulan, yang nilainya sekitar Rp9 miliar, tapi itu bentuk pelayanan dasar,” katanya.

Edi Kamtono menegaskan, kebutuhan air bersih merupakan kebutuhan dasar masyarakat. Maka sudah sewajarnya pemerintah menyediakan dengan sebaik mungkin. Apalagi urusan itu diatur dalam undang-undang.

“PDAM silakan menjalankan, urusan di atas-atasnya sudah ada yang mengatur,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *