Lab PCR RS Untan Kembali Aktif Setelah Dua Hari Tutup, Namun Belum Maksimal

RS Untan.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson menyampaikan laboratorium PCR Rumah Sakit Untan kini kembali beroperasi setelah dua hari sterilisasi menyusul ke 21 petugasnya terpapar Covid-19.

“Dari 40 petugas laboratorium Untan itu, ada 21 orang yang sekarang isolasi karena mereka terpapar,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Dengan setengah petugas lab yang terpapar Covid-19 itu, otomatis berimbas pada penurunan kapasitas pemeriksaan sampel swab penduduk yang dikirim oleh kabupaten/kota.

“Jadi, kalau biasanya mereka bisa memeriksa 700 sampel, sekarang mereka hanya bisa memeriksa 300 sampel saja per hari,” ucapnya.

Diperkirakan, kondisi tersebut berlangsung 10 hari. Sebagai solusi, kemampuan pemeriksaan PCR laboratorium kesehatan daerah yang dimiliki Provinsi Kalbar akan ditingkatkan.

“Mulai besok, Sabtu, petugasnya akan dilakukan pemantapan dalam menyiapkan pelaksana pemeriksaan swab PCR di Labkes milik Pemprov ini,” katanya.

Diharapkan, Senin 26 Oktober 2020 Labkesda Provinsi Kalbar tersebut sudah dapat melaksanakan pemeriksaan swab RT PCR dengan maksimal.

“Sehingga dapat menjadi pilihan lain dalam pelaksanaan pemeriksan RT PCR, sambil menunggu Lab RS Untan normal kembali,” sebutnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *