Pembebasan Lahan Jembatan Kapuas III Target Rampung Juni 2021

Rencana pengadaan tanah untuk Jembatan Kapuas III. (Abdul Halikurrahman/Insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kepala Biro Hukum Pemrov Kalbar, Suherman menyebutkan, proses persiapan pembebasan lahan untuk pembangunan jembatan Kapuas III mesti melalui empat tahap.

Hal itu diatur dalam Perpres Nomor 71 tahun 2012. Tahap pertama yaitu perencanaan. Diisisasi oleh pengusul. Dalam hal ini Dinas PUPR Provinsi Kalbar.

Bacaan Lainnya

“Proses ini sudah dilaksakan. PUPR telah menyampaikan dokumen secara lengkap kepada pak Gubernur,” jelasnya.

Selanjutnya tahap kedua, yaitu persiapan untuk penetapan lahan yang dibutuhkan sesuai usulan PUPR, sekaligus membentuk tim pengadaan tanah dan tim sekretariat.

“Ini (SK tim teknis dan sekretariat) sudah dikeluarkan Gubernur. Dan hari ini, kami tim teknis dan sekretariat melakukan rapat koordinasi,” jelasnya.

Rakor tersebut membahas soal pemaparan usulan-usulan dan perencanaan yang telah dibuat oleh PUPR dan mengagendakan kegiatan sosialisasi dan konsultasi publik terkait dengan persiapan penetapan lahan.

“Output tahapan persiapan ini, adalah SK penetapan lokasi dari Gubernur. Setelah penetapan lokasi dari Gubernur maka, tugas tim persiapan sudah selesai,” katanya.

Setelah itu, tahap ketiga baru masuk pada proses pembebasan lahan. Dilakukan oleh tim Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kalbar bersama pihak apraisal. Setelah pembebasan lahan selesai, tahap keempat penyerahan lahan.

“Selanjutnya baru pembangunan fisik oleh PUPR. Ada pun target pembebasan lahan untuk pembangunan Kapuas III ini selesai di Juni 2021,” tutupnya. (abdul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *