Mantan Kapolres Sanggau Diduga Korupsi Dana Pengamanan Pilkada Rp3 Miliar

Kepala Kejaksaan Negeri Sanggau, Tengku Firdaus.

SANGGAU, insidepontianak.com – Mantan Kapolres Sanggau berinisial RK diduga melakukan korupsi dana pengamanan Pilkada Sanggau 2018 senilai Rp3 Miliar. Sudah 113 saksi diperiksa dalam kasus ini. Tersangka kini sudah ditahan dan dititipkan di Polda Kalbar sambil menunggu berkas perkara dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Pontianak.

Kepala Kejaksaan Negeri Sanggau, Tengku Firdaus mengatakan berkas perkara RK sudah teregistrasi di Kejaksaan Negeri Sanggau. Perkara ini diusut langsung penyidik Mabel Polri dan melibatkan Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Agung RI. Lantaran lokasi perkara ada di Sanggau, perkara pun dilimpahkan ke Kejati Kalbar. Segala administrasinya diregister ke Kejari Sanggau.

Bacaan Lainnya

“Kemarin di Kejati Kalbar telah dilaksanakan tahap dua atau serah terima tanggung jawab terhadap tersangka dan barang bukti atas nama RK dalam perkara tindak pidana korupsi terkait dana pengamanan Pilkada di Sanggau,” ujar Tengku Firdaus.

Kajari Sanggau telah menerbitkan Surat Perintah Penunjukkan Jaksa Penuntut Umum (P.16A) berjumlah 19 orang terdiri dari jaksa pada Kejari Sanggau, Kejati Kalbar, dan Kejagung RI sebanyak 17 orang.

“Berdasarkan audit yang dilakukan ahli, jumlah kerugian negara yang ditimbulkan akibat perbuatan RK adalah senilai Rp3 miliar. Ada sedikitnya 113 saksi yang diperiksa dalam berkas perkara ini,” ungkapnya. (bry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *