Prodi Fisika IKIP PGRI Pontianak Ajak Guru Terapkan Pembelajaran STEM di Masa Pandemi

WEBINAR - Tangkapan layar webinar series IKIP PGRI Pontianak yang mengangkat tema pembelajaran sains berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dan Penyelidikan dalam situasi pandemi.

PONTIANAK, insidepontianak.com Prodi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak mengajak para guru menerapkan inovasi pembelajaran sains berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dan Penyelidikan dalam situasi pandemi. Pasalnya, sebagian siswa masih kesulitan belajar fisika dan beranggapan bahwa fisika merupakan hal yang membosankan karena penuh dengan rumus.

“Guru bisa menggunakan proyek sederhana yang mengaitkan pengetahuan sains, keterampilan mendesain dan menerapkan teknologi sederhana serta penyelidikan dari kasus-kasus atau fenomena fisika yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari,” kata promotor webinar Pembelajaran Sains bagi Dosen, Guru, Mahasiswa dan Siswa, Wahyudi yang diselenggarakan Prodi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak.

Bacaan Lainnya

Dengan metode STEM, belajar fisika lebih kontekstual dan memotivasi siswa. Peserta mendapat materi dari Jaka Afriana, Guru IPA Berprestasi Nasional perihal pengalaman baik dalam menerapkan berbagai metode pembelajaran IPA di masa normal baru. Dia menerapkan model pembelajaran STEM berbasis PjBL.

Ada pula Adhitya Rahardhian, Guru Berprestasi OGN-IPA yang memberikan materi tentang penerapan pembelajaran IPA-Fisika melalui penyelidikan. Materi terakhir tentang inovasi pembelajaran sains dalam era new normal disampaikan Sudirman, kandidat doktor Southest University, Chongqing, China.

Kegiatan yang diikuti 384 peserta se Indonesia ini merupakan webinar series IKIP PGRI Pontianak yang dilaksanakan Agustus hingga Oktober 2020, sekaligus Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *