1.000 Batang Mangrove Selamatkan 10 Meter Daratan dari Abrasi

TANAM - Pegiat mangrove di Mempawah menanam 1.000 batang mangrove dari CSR PT Epson Indonesia, Kamis (29/10/2020).

MEMPAWAH, insidepontianak.com – Upaya penyelamatan daratan yang abrasi dengan menanam pohon mangrove di pesisir pantai dalam kawasan Mempawah Mangrove Park, di Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalbar sudah dilakukan sejak tahun 2012 sampai sekarang.

Pegiat Mangrove Kabupaten Mempawah, Raja Fajar Azansyah mengatakan dia bersama masyarakat kelompok sadar wisata (Pokdarwis) akan terus melakukan penanaman mangrove di pesisir pantai yang abrasi tersebut.

Dia bersama Pokdarwis selalu membuka tangan lebar bagi komunitas atau pihak instansi manapun yang ingin ikut berperan aktif dalam penyelamatan pesisir dalam program penghijauan dengan menanam mangrove.

“Hari ini kami menanam 1.000 batang mangrove yang merupakan pemberian dari PT Epson Indonesia dalam program CSR mereka,” katanya.

Fajar menjelaskan, dari 1.000 batang mangrove tersebut berpotensi menyelamatkan 10 meter daratan ke arah laut.

“Walaupun dampaknya tidak begitu signifikan, tentu ini sangat bermanfaat bagi kami dalam program penghijauan lingkungan,” katanya.

Fajar mengatakan, dengan hitungan sederhana dalam satu hektar membutuhkan 10.000 pohon. Meskipun dampak dari 1.000 batang mangrove itu tidak begitu signifikan tapi tanpa 1.000 batang tidak akan ada 10.000 batang mangrove.

“Ini merupakan bagian dari ikhtiar kita, kalau 1.000 batang ini hidup, maka kita bisa menyelamatkan 10 meter ke arah laut. Dan kita bisa menanam lagi untuk 10 meter ke depannya,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *