Rajawali Putih dan Buana Putra Dukung Andi Ridwan Ketuai IPSI Kalbar

Bakal calon Ketua IPSI Kalbar, Andi Ridwan.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Perguruan silat Rajawali Putih dan Buana Putra mendukung Andi Ridwan maju pemilihan Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kalimantan Barat. Rencananya, musyawarah provinsi akan digelar awal November.

Ketua Perguruan Silat Rajawali Putih, Rustammy Atmo mengatakan sudah ada dua pilar yang menentukan figur yang akan diusung pada Musprov Pengda IPSI Kalbar nanti.

Bacaan Lainnya

“Dua pilar perguruan silat tersebut, yaitu PS Rajawali Putih dan Buana Putra merupakan pelopor berdirinya IPSI Kalbar pada tahun 1977. Kami mendukung Andi Ridwan,” terangnya.

PS Rajawali Putih dan PS Buana Putra sebagai perguruan silat yang telah melahirkan atlet dan menjadi bagian dari IPSI Kalbar, merasa terpanggil secara moral.

“Kami sepakat menentukan figur baru yang mampu mempersiapkan atlet Pencak Silat Kalbar yang berprestasi ke depan,” ungkap Bang Tammy, sapaan akrabnya saat Rapat Koordinasi bersama anggota, di Hotel Kapuas Palace, Pontianak, Rabu (28/10/2020) malam.

Menurutnya bahwa kurang lebih 12 tahun atlet pencak silat Kalbar hanya jadi penonton dan minim prestasi.

“Selama itu tidak ada keterwakilan atlet-atlet silat Kalbar yang mampu mengukir prestasi di event tingkat nasional seperti Pekan Olah Raga Nasional (PON),” ungkapnya.

Dirinya memandang bahwa, IPSI Kalbar dengan kondisi saat ini perlu berbenah dan sangat membutuhkan figur baru yang mampu mengangkat prestasi atlet pencak silat Kalbar di kancah nasional.

“Saat ini Rajawali Putih sendiri telah memiliki cabang di 12 kota/kabupaten, bersama PS Buana Putra, kami siap mendukung Andi Ridwan untuk memimpin Pengda IPSI Kalbar. Pak Andi Ridwan menurut kami telah memenuhi kriteria, secara gagasan, kerja nyata serta kemampuan managerial,” tambahnya.

Menurut Bang Tammy bahwa pada rapat koordinasi malam ini, segenap pengurus PS Rajawali Putih, termasuk PS Buana Putra di bawah pimpinan Junadi, sudah sepakat mengusung Andi Ridwan untuk mencalonkan diri sebagai Ketua Pengda IPSI Kalbar periode 2020-2024.

Andi Ridwan mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi atas dukungan PS Rajawali Putih dan PS Buana Putra. Menurutnya Pengda IPSI Kalbar saat harus berbenah diri. Dengan lebih menerapkan managerial organisasi yang baik.

“Selama ini saya lihat dari segi sumber daya manusia, pada masa lalu sudah cukup baik. Namun terakhir ini sedikit menurun,” ungkapnya.

Dia mengatakan jika diberikan kepercayaan untuk memimpin Pengda IPSI Kalbar ke depan. Ada beberapa pembenahan dilakukan. Mulai dari internal organisasi.

“Kompetisi harus digalakkan, sarana latihan yang mendukung agar kita lebih terkonsentrasi dalam mencetak bibit atlet yang mampu berprestasi,” terangnya.

Menurut Raden Soehanda, salah seorang guru PS Rajawali Putih, saat itu ada empat pilar perguruan silat yang menjadi pelopor berdirinya Pengda IPSI Kalbar pada tahun 1977 yaitu, PS Rajawali Putih (Raden Suryadi/Raden Soehanda), PS Macan Gintir (Abdul Latif), PS Wekasan (Kasan Gendon/Fairun), serta PS Buana Putra (Rahman). Keempat perguruan silat tersebut sudah tidak diragukan lagi kiprahnyanya di dunia persilatan dan telah melahirkan ribuan pendekar tangguh sejak awal didirikan puluhan tahun lalu. (rilis)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *