Sebastianus Darwis: Bangun Pustu dengan Merata

SILATURAHMI - Calon Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis ketika bersilaturahmi dengan masyarakat Bengkayang beberapa waktu lalu.

BENGKAYANG, insidepontianak.com – Calon Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis akan membangun Puskesmas Pembantu (pustu) merata di setiap kecamatan. Saat ini sebarannya tak sebanding dengan kebutuhan di lapangan.

Kecamatan Ledo dan Samalantan memiliki enam pustu, paling banyak di antara 17 kecamatan di Bengkayang. Sementara Kecamatan Sungai Betung, tak memiliki satu pun pustu.

Bacaan Lainnya

“Kecamatan Capkala, Lumar, Sanggau Ledo juga hanya punya satu pustu. Tentu ini membuat akses masyarakat ke pelayanan kesehatan terbatas,” katanya.

Darwis yang berpasangan dengan Syamsul Rizal akan memeratakan pustu sesuai jumlah penduduk di masing-masing kecamatan. Memang tiap kecamatan sudah memiliki Puskesmas. Namun kondisi demografi tak memungkinkan pelayanan hanya dilakukan di satu tempat.

“Sekarang kalau jaraknya jauh-jauh, ada yang sakit, kan susah untuk berobat,” katanya.

Tiap pustu nantinya diminta rutin keliling desa. Harapannya kesehatan masyarakat meningkat dan mereka bisa menjadi warga yang sejahtera.

“Ini sejalan dengan program Bengkayang Sehat yang kami canangkan. Semuanya sudah terukur, mudah-mudahan terlaksana,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *