Bupati Muda Mahendrawan Resmikan TPS 3R KSM Menanjak

MENANDATANGANI - Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menandatangani pasasti peresmian TPS 3R KSM Menanjak, di Desa Parit Baru, Selasa (3/11/2020).(Prokopim Kubu Raya)

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kubu Raya Rosalina Muda Mahendrawan meresmikan Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) KSM Menanjak, di Parit Haji Muksin, Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Selasa (3/11/2020).

Muda Mahendrawan mengatakan, adanya TPS 3R ini harus memiliki nilai tambah yang terukur baik untuk rumah tangga maupun masyarakat karena sampai saat ini, sampah masih menjadi persoalan khususnya di Kubu Raya.

Bacaan Lainnya

“Setiap rumah tangga pasti menghasilkan sampah, untuk di Kubu Raya yang paling besar itu di Sungai Raya, Kakap dan Sungai Ambawang,” kata Muda Mahendrawan.

Muda mengatakan TPS 3R KSM Menanjak ini merupakan model yamg harus terus diperjuangkan dan berhasil. Hal ini juga merupakan suatu proses untuk menjadikan kebiasaan termasuk edukasi perubahan perilaku masyarakat.

“Walaupun dimulai di sekitaran Parit Haji Muksin, mudah-mudahan dikembangkan ke dusun-dusun yang lain. Prinsip utamanya adalah, model yang kita kembangkan ini sekaligus menjadikan langkah untuk kita menciptakan kreativitas bagi pemuda, masyarakat maupun rumah tangga,” kata Muda.

Muda menambahkan, jika model ini berhasil, maka Pemkab Kubu Raya juga berkomitmen untuk mendorong pengembangannya hingga dapat melayani masyarakat di desa lainnya yang ada di sekitar Desa Parit Baru.

“Jika kita hanya mengharapkan TPA yang ada saat ini, tentu itu semua sangat berat. Selain soal pembiayaan, penduduk juga bertambah terus dan akan sulit mengurangi bobot sampah. Jika tidak dengan 3R ini, maka kita akan terus mengejar masalah yang semakin terakumulasi berat,” katanya.

Menurut Muda, TPS 3R ini sebagai upaya meminimalisir dan mengurangi beban pelayanan persoalan sampah di Kubu Raya.

Kepala Desa Parit Baru Musa mengatakan dengan diresmikannya TPS 3R ini, tentunya ada hal yang membanggakan dan ada hal yang menjadi tantangan. Musa Berharap TPS 3R ini bukan hanya memiliki bangunan yang megah, tetapi juga mampu mengatasi permasalahan sampah di Desa Parit Baru.

“Desa Parit Baru merupakan salah satu desa penghasil sampah terbesar di Kubu Raya, memang selayaknya TPS 3R ini berdiri di desa Parit Baru. Namun akan menjadi tantangan, bagaimana mengatasi persoalan sampah di Parit Baru ini,” katanya.

Musa mengatakan, pihaknya berkomitmen TPS 3R ini tidak hanya dijadikan tempat pengolahan sampah, namun juga akan menjadi pusat kreativitas bagi ibu-ibu di desa parit untuk mengelola sampah menjadi barang yang bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomis.(jek)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *