Ubah Perilaku Masyarakat, Kodam XII/TPR Canangkan 150 Satgas Desa Tangkal Covid-19 di Kalbar

SERAHKAN - Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyerahkan APD kepada anggota Satgas Covid-19 Desa Sungai Raya.

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Sebanyak 150 Satgas Desa Tangkal Covid-19 dibentuk Kodam XII Tanjungpura di berbagai wilayah Kalimantan Barat, Senin (2/11/2020). Pencanangan ini diharapkan dapat mengubah perilaku masyarakat untuk disiplin terhadap protokol kesehatan 3 M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun di tengah lonjakan kasus yang terus terjadi.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan, pencanangan ini digelar serentak di 213 titik lokasi di wilayah Kodam XII/Tpr. Di Kalteng ada 63 titik. Sedangkan di Kalbar ada 150 titik, termasuk di Desa Sungai Raya, Kubu Raya.

Bacaan Lainnya

Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 dilatarbelakangi petunjuk Satgas Covid-19 pusat serta pertimbangannya adalah bahwa tingkat kenaikan kasus terkonfirmasi.

“Oleh karenanya kita harus melakukan upaya-upaya secara cepat, dengan pencanangan Satgas Tangkal Covid-19 sampai di tingkat desa bahkan sampai tingkat RT,” jelas Pangdam.

Dengan keberadaan Satgas sampai di tingkat desa diharapkan dapat menanamkan kesehatan masyarakat hingga mengubah perilaku masyarakat agar selalu taat protokol kesehatan khususnya 3 M yang selalu digaungkan.

“Masyarakat harus selalu menggunakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak. Hal inilah yang harus menjadi budaya,” imbaunya.

Melalui Satgas inilah, unsur-unsur yang ada di desa akan diberikan tugas-tugas untuk mengubah perilaku masyarakat dengan cara-cara sosialisasi dan mitigasi.

Jenderal Bintang Dua ini berharap kesadaran masyarakat melaksanakan protokol kesehatan bisa menjadi suatu kebutuhan sehari-hari. Dengan demikian apabila sudah tercapai, otomatis adaptasi kebiasaan baru akan terwujud.

“Kalau ini semua sudah terwujud kita aman dari Covid pasti akan produktif masyarakatnya,” pungkasnya.

Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 ini ditandai dengan penyerahan APD oleh Pangdam XII/Tpr serta Forkopimda Kalimantan Barat kepada anggota Satgas Covid-19 Desa Sungai Raya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *