Edi Kamtono: Lahan Kecil Tetap Tanam Pohon

SIRAM - Wali Kota Pontianak, Edi Kamtono dan Komandan Kodim (Dandim) 1207/Berdiri Sendiri (BS) Kolonel Inf Jajang Kurniawan menyiram tanaman usai menanam pohon di pekarangan Komplek Asrama Hidayat, Kelurahan Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota, Kamis (5/11/2020).

PONTIANAK, insidepontianak.com – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono bersama Komandan Kodim (Dandim) 1207/Berdiri Sendiri (BS) Kolonel Inf Jajang Kurniawan menanam pohon di pekarangan Komplek Asrama Hidayat, Kelurahan Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota, Kamis (5/11/2020).

Edi menyebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menyerahkan sebanyak 200 bibit pohon buah dengan berbagai macam jenis untuk ditanam di Komplek Asrama Hidayat. Bantuan bibit pohon buah seperti lengkeng, jambu dan lainnya ini sebagai bentuk komitmen Kota Pontianak sebagai kota berwawasan lingkungan sekaligus mewujudkan kota hijau atau go green.

Bacaan Lainnya

Komplek Asrama Hidayat yang baru selesai pembangunannya masih memiliki ruang kosong sehingga pihaknya menginisiasi untuk menanam pohon buah di pekarangan tersebut.

“Pekarangan ini harus dimanfaatkan, sekecil apa pun lahan, saya yakin bisa ditanami dan bermanfaat, apalagi menghasilkan buah-buahan,” ujarnya.

Ia berharap keberadaan pohon ini selain menghijaukan dan mengasrikan lingkungan, juga bermanfaat karena buah-buahan yang dihasilkannya. Pihaknya juga akan terus mencari lahan-lahan kosong untuk ditanami pepohonan.  Untuk menghijaukan Kota Pontianak, dirinya berharap adanya sinergitas dan kerjasama berbagai pihak.

“Pohon ini fungsinya untuk penyedia oksigen, peneduh, akarnya untuk menyerap air dan buah-buahannya bisa dikonsumsi,” terangnya.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, buah-buahan menjadi salah satu yang bermanfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh. Dengan mengkonsumsi buah-buahan, maka kebutuhan akan vitamin terpenuhi. Oleh sebab itu, ia mengajak masyarakat agar menanam buah-buahan di pekarangan masing-masing.

“Karakteristik tanah di Pontianak ini cocok untuk ditanami beberapa jenis buah-buahan seperti jambu, lengkeng, mangga dan sebagainya,” ungkap Edi.

Dandim 1207/BS Kolonel Inf Jajang Kurniawan menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Pontianak yang telah menginisiasi penanaman pohon di Komplek Asrama Hidayat.

“Memang di lingkungan ini masih ada space untuk ditanami pohon dan ini cukup bagus selain sebagai peneduh juga untuk mengurangi polusi,” tuturnya.

Pihaknya akan selalu mendukung program-program Pemkot Pontianak termasuk mewujudkan Pontianak Go Green. Hal ini menurutnya sangat penting untuk mengurangi polusi dan keberlangsungan kehidupan anak cucu di masa depan dan berbagai manfaat lainnya.

Dengan penanaman pohon buah-buahan ini dinilainya sebagai langkah yang tepat dalam kondisi sekarang ini. Sebab buah-buahan merupakan satu diantaranya yang dapat meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19. Ia berharap melalui penanaman pohon ini bisa bermanfaat untuk kelangsungan kehidupan generasi mendatang.

“Sehingga dari pekarangan kita sendiri kita bisa memetik hasil buah dari pohon yang ditanam,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *