Rupinus-Aloysius Janjikan Kemudahan Akses Modal Masyarakat Sekadau

PENGADUAN ONLINE - Aron-Subandrio berjanji akan meningkatkan dan memberikan kemudahan akses pelayanan publik masyarakat, dengan model layanan online, pada acara Debat Paslon di ruang Paripurna DPRD Sekadau, Selasa 95/11/2020) FOTO: Abdul

Sekadau,insidepontianak.com- Paslon Bupati Sekadau Rupinus-Aloysius memastikan akan meningkatkan jumlah desa mandiri serta meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi  dengan Credit Union (CU) Sekadau. Tujuannya, agar perekonomian masyarakat di Sekadau meningkat.

Sebagaimana diketahui, saat ini ada enam CU beroperasi di Sekadau. Bagi Rupinus, keberadaan CU di daerah memiliki peran strategis dalam membantu perekonomian masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Ke depan sinergi Pemda-CU terus berlanjut, supaya masyarakat kita memperoleh kemudahan dalam akses permodalan, ”kata Rupinus, saat menjawab pertanyaan panelis  dalam debat Paslon Bupati Sekadau, Kamis (5/11/2020).

Dirinya mengaku  peran Cu berperan penting dalam membantu masyarakat yang mengalami keterbatasan modal. Sehingga, mereka yang menjadi anggota CU, bisa punya akses untuk mendapatkan dana pinjaman.

“Yang pasti, dana yang dipinjam di CU tidak hanya usaha produktif, bisa untuk biaya sekolah, beli motor dan lainnya,” kata Rupinus.

Selain menjamin akses permodalan yang cukup bagi masyarakat, Rupinus juga berjanji akan meningkatkan status desa mandiri. Saat ini di Kabupaten Sekadau, jumlah desa mandiri berjumlah 12 desa  dan ada  11 desa maju.

Nah, bagaimana desa yang belum mandiri menjadi mandiri, ada 52 indikator yang harus terpenuhi. Di antaranya bisa dilihat dari aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Sedangkan untuk menentukan, status desa mandiri, ada pada kewenangan desa dan kabupaten. Sementara Pemerintah Provinsi berperan bagaimana melengkapi program desa, yang tidak bisa dilakukan oleh pemerintah kabupaten.

“Misalnya kalau ada pembangunan Posyandu. Pemerintah Kabupaten bisa melakukannya. Sedangkan tanggung jawab pemerintah provinsi  bisa menyediakan tenaga dokter umum,” kata Rupinus. (Andi)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *