Razia Malam Minggu, 17 Pengunjung Warkop Pontianak Reaktif

RAPID TEST - Salah seorang penyaji di warung kopi Pontianak menjalani rapid test dalam razia protokol kesehatan yang digelar Pemkot Pontianak, Sabtu (7/11/2020) malam.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Dinas Kesehatan Kota Pontianak melaksanakan rapid test kepada 200 pengunjung kafe di Kota Pontianak, Sabtu (7/11/2020) malam. Dari pemeriksaan ini, 17 orang dinyatakan reaktif. Mereka langsung melakukan tes usap.

Kepala Dinas Kesehatan Pontianak, Sidiq Handanu mengatakan, kegiatan tersebut guna menegakkan disiplin protokol kesehatan, sekaligus mengetahui penyebaran Covid-19 di masyarakat berkenaan status Kota Pontianak yang berada pada zona merah.

Bacaan Lainnya

“Sampai pukul 12 malam kurang 15 menit, kita telah memeriksa 200 pengunjung. 17 diantaranya reaktif atau 10 persen jika dipersentasekan dari pengunjung warung kopi,” ujar Sidiq Handanu, kemarin.

Mereka yang reaktif, langsung dilakukan pemeriksaan swab. Senin mendatang hasilnya akan diketahui.

Dari temuan itu, Handanu menilai ada indikasi warung kopi jadi tempat penularan Covid-19. Sebab ditemukan pengunjung yang abai protokol kesehatan, mulai dari menjaga jarak, hingga mengunakan masker.

“Ada indikasi kafe tempat penularan Covid-19,” jelasnya.

Handanu mengatakan, temuan reaktif tanpa gejala didominasi adalah anak muda. Kondisi ini akan berbahaya jika mereka pulang ke rumah membawa virus. Apalagi ada orang tua dan bayi. Mereka rentan tertular.

Dia pun pesimis zona merah penularan Covid-19 di Kota Pontianak dapat turun apabila setiap malamnya potret ketidakdisiplinan pengunjung warkop terus terjadi.

Selain warkop, Satgas Covid-19 Kota Pontianak juga terus memantau tempat-tempat keramaian yang tidak menjalankan protokol kesehatan.

“Target utama kita menurunkan tingkat transmisi virus sehingga bisa mengubah tingkat penyebaran Covid-19 di Kota Pontianak menjadi oranye dan kuning. Kegiatan ini akan kita teruskan ke tempat keramaian lain,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *