1.077 Peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan Cabang Pontianak Manfaatkan Program Relaksasi Tunggakan

ilustrasi.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Sebanyak 1.077 peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) BPJS Kesehatan Cabang Pontianak memanfaatkan program relaksasi tunggakan. Dari jumlah itu, 931 peserta sudah membayar iuran, sedang 146 sisanya belum.

BPJS Kesehatan Cabang Pontianak sendiri membawahi wilayah kerja Kota Pontianak, Kubu Raya, Landak, Mempawah, Ketapang, dan Kayong Utara.

Bacaan Lainnya

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak, Adiwar Qodar mengatakan masyarakat bisa memanfaatkan program relaksasi tunggakan untuk mengaktifkan kembali kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) mereka. Relaksasi ini memberi keringanan bagi peserta yang menunggak iuran lebih dari enam bulan.

“Peserta nantinya hanya perlu membayar iuran enam bulan plus satu bulan berjalan,” katanya dalam Media Gathering ‘Layanan Digital Beri Kemudahan Peserta JKN-KIS’ secara virtual, Senin (9/11/2020).

Relaksasi tunggakan ini merupakan program keringanan bagi peserta JKN KIS di masa pandemi. Program ini diberikan sampai Desember 2020 dan sisa tunggakan harus dilunasi paling lambat Desember 2021.

“Pembayaran tunggakan tadi bisa dicicil dengan Program Cicilan,” katanya.

Untuk mendapatkan layanan ini, peserta hanya perlu mendaftar di kanal yang tersedia. Bisa lewat aplikasi Mobile JKN dan ke kantor cabang, atau BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 untuk Peserta Bukan Penerima Upah. Atau lewat aplikasi Edabu untuk Pekerja Penerima Upah Penyelenggaran Negara (PPU BU).

Adiwan menjelaskan, untuk memudahkan peserta, BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan Pegadaian dalam penulasan iuran. Peserta bisa memanfaatkan program Gadai Peduli untuk menyelesaikan tunggakan di BPJS Kesehatan.

“Cukup menginformasikan ke teller dan petugas pegadaian, hasil gadai itu akan digunakan untuk menggunakan tunggakan iuran relaksasi, enam bulan plus satu bulan berjalan,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *