Masyarakat Respon Positif Layanan Daring BPJS Kesehatan Pontianak

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Pontianak, Adiwan Qodar.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kepala Cabang BPJS Kesehatan Pontianak, Adiwan Qodar mengatakan masyarakat merespon positif layanan daring yang diberikan BPJS Kesehatan cabang Pontianak selama pandemi Covid-19 berjalan. BPJS Kesehatan memang mengeluarkan sejumlah layanan daring, di antaranya Chika (Chat Asistant JKN), Vika (Voice Interactive JKN) dan Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp). Tujuannya untuk mengurangi pertemuan tatap muka dan memutus penyebaran virus Corona.

“Sesuai testimoni peserta, mereka merespon baik. Kalau dikalkulasikan nilai baik itu biasanya 85-90 persen tapi memang belum diukur secara spesifik untuk layanan nontatap muka ini,” katanya dalam Media Gathering ‘Layanan Digital Beri Kemudahan Peserta JKN-KIS’ secara virtual, Senin (9/11/2020).

Bacaan Lainnya

Layanan ini merupakan bentuk kemudahan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS). Di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Pontianak, dalam kondisi normal, tercatat kunjungan 200-250 orang per hari. Sejak diberlakukannya pembatasan aktivitas di Pontianak, jumlah kunjungannya sempat paling rendah di bawah 50 peserta per hari. Namun rata-rata dalam beberapa bulan terakhir, angka ada di 130 peserta per hari.

“Mereka yang datang ke kantor juga kita arahkan untuk dilayani secara daring, bisa dengan WhatsApp. Ini upaya membantu memutus mata rantai Covid-19 di Pontianak,” kata Adiwan.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Pontianak, Arian Fani Arora menambahkan jika melihat Indeks Kepuasan Peserta, di tahun 2019 pelayanan keseluruhan BPJS Kesehatan Pontianak mendapat angka 92 persen. Indeks itu diukur tahunan.

“Ini masih PR besar bersama dengan tim meningkatkan pelayanan untuk mencapat target kepuasan peserta,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *