Rosalina Muda Kukuhkan Bunda PAUD Kecamatan dan Desa se Kecamatan Sungai Raya

MEMASANG - Bunda PAUD Kabupaten Kubu Raya, Rosalina Muda Mahendrawan mamasangkan selempang kepada Bunda PAUD Desa usai mengukuhkan Bunda PAUD Kecamatan dan 20 Bunda PAUD Desa, se Kecamatan Sungai Raya, di Aula Kantor Desa Parit Baru, Senin (9/11/2020).(Jaka Iswara)

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kubu Raya yang juga merupakan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kubu Raya, Rosalina Muda Mahendrawan mengukuhkan Bunda PAUD Kecamatan dan 20 Bunda PAUD Desa, se Kecamatan Sungai Raya, di Aula Kantor Desa Parit Baru, Senin (9/11/2020).

Kegiatan Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa se Kecamatan Sungai Raya itu juga dirangkai dengan kegiatan lomba Kesatuan Gerak PKK – KKBPK – Kesehatan.

Bacaan Lainnya

Rosalina Muda Mahendrawan mengatakan Bunda PAUD mempunyai peran dan tanggung jawab yang sangat besar, karena Bunda PAUD dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa dituntut untuk bisa mengkomunikasikan, menyambungkan dan menyampaikan masalah yang ada di tingkat desa untuk sampai ke dinas atau instansi terkait.

“Ini adalah tanggung jawab kita bersama baik pemerintah maupun masyarakat,” kata Rosalina.

Kepala Desa kata Rosalina, juga harus mendorong Bunda PAUD untuk dapat mendirikan PAUD di tingkat desa, namun tidak harus memaksakan diri untuk mendirikan PAUD, terlebih di desa tersebut sudah berdiri PAUD yang lokasinya sudah sesuai dengan yang disyaratkan.

“Kendala utama yang dihadapi PAUD di Indonesia utamanya akses, jumlah peserta didik yang tidak merata, kemudian pendidik atau tenaga kependidikan PAUD yang perlu adanya peningkatan kapasitas untuk menjadi lebih baik,” kata dia.

Camat Sungai Raya, Suheri mengatakan untuk pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa se Kecamatan Sungai Raya ini pihaknya sengaja turut mengundang Kepala Desa se Kecamatan Sungai Raya pula, karena berkaitan dengan anggaran pada APBDes.

Suheri meminta kepada seluruh Kades di Kecamatan Sungai Raya untuk mengalokasikan anggaran kegiatan PAUD di masing-masing desa, baik melalui Musrenbang ataupun Musdes sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan dana di desa masing-masing.

“Apa gunanya kita kukuhkan Bunda PAUD Desa, jika pak Kades tidak menganggarkan untuk kegiatan PAUD di desanya,” kata Suheri.

Kepala Desa Parit Baru, Musa mengatakan setelah dikukuhkannya Bunda PAUD Desa tentu yang harus dipersiapkan adalah pemerintahan tingkat desa mendirikan PAUD Desa di masing-masing desa.

“Percuma saja jika sudah dikukuhkan Bunda PAUD Desa, tetapi di desa itu tidak ada PAUD nya. Ini harus menjadi komitmen kita bersama untuk mendirikan PAUD di desa,” kata Muda.

Untuk Desa Parit Baru sendiri, kata Musa sedang mempersiapkan untuk mendirikan PAUD Desa, di atas lahan hasil hibah dari seseorang. Jika memang desa belum mampu untuk mendirikan PAUD, maka Dana Desa (DD) dapat dipergunakan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang dimulai dari anak usia dini.

“Kami juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten untuk dapat mengalokasikan anggaran untuk mendirikan PAUD, yang penting desa mampu mempersiapkan lahannya,” katanya.(jek)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *