Rumah dan Sekolah di Mempawah Rusak Disapu Puting Beliung

RUSAK - Atap bangunan MTs Negeri 1 Mempawah Hilir rusak akibat puting beliung, Senin (9/11/2020) dini hari.

MEMPAWAH, insidepontianak.com – Angin puting beliung menyapu sejumlah rumah dan sekolah di Kelurahan Terusan, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Senin (9/11/2020) dini hari. Sedikitnya tiga rumah warga dan satu sekolah porak poranda bagian atapnya.

Salah satu yang paling parah adalah MTs Negeri 1 Mempawah Hilir. Ada tiga lokal kelas yang atapnya rusak. Dua diantaranya rusak parah lantaran terangkat habis, dan satu lokal hanya sebagian.

Bacaan Lainnya

Waka Kurikulum MTs Negeri 1 Mempawah Hilir, Fahrur Razi mengatakan pihaknya sudah melaporkan kerusakan ini ke Kanwil Kemenag Provinsi Kalbar dan Kemenag Mempawah.

“Kita juga berencana akan melapor ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mempawah. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 01.00 malam WIB,” katanya.

Fahrur Razi mengatakan, Kemenag sudah melihat secara langsung kondisi atap yang rusak. Kendati demikian, mereka belum membahas bagaimana perbaikan akan dilakukan. Sebab diperkirakan kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

“Tapi pasti kita perbaiki, kalau diperkirakan perbaikan ini bisa memakan biaya sekitar Rp20 jutaan,” katanya.

Penilaian biaya perbaikan memakan dana puluhan juta itu kata dia, dilihat dari kondisi kerusakan. Sebab tidak hanya atap seng saja yang rusak, tapi kayu penopangnya juga lepas.

“Atap seng yang terangkat itu mungkin masih ada beberapa yang dibetulkan untuk digunakan kembali. Tapi untuk kayunya sepertinya tidak bisa karena sudah rusak,” bebernya.

Selain di sekolah MTs tersebut, rumah warga di belakang sekolah juga rusak di bagian atapnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *