Citra Fokus Pembebasan Lahan Proyek Bandara Kayong Utara

Rapat RPJMD Kayong Utara, Rabu (11/11/2020). (Ist)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Bupati Kayong Utara, memimpin Rapat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kayong Utara periode tahun 2019 – 2023.

Citra Duani dalam kesempatan tersebut membahas soal wacana pembangunan bandara. Dia meminta pihak terkait untuk segera menuntaskan ganti rugi lahan.

Bacaan Lainnya

“Harapan kita di tahun ini dapat selesai pembebasan lahan untuk bandara, cuma nampak-nampaknya waktu sudah sangat mepet, kemungkinan pembayaran penyelesaiaanya di tahun depan,” terang Citra Duani, Rabu (11/11/2020).

Selain membahas penganggaran ganti rugi, orang nomor satu di Kayong Utara ini juga mengingatkan seluruh OPD yang hadir, khususnya yang berkaitan langsung pembebasan lahan, agar dapat memperhatikan penganggaran di tahun depan. Sehingga pembiayaan khusus bandara dapat teranggarkan dengan baik.

“Ke depan dalam pembahasan penganggarannya juga harus memperhatikan hal-hal yang kemungkinan yang terjadi,” pesannya.

Selain itu, Citra Duani mengutarakan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan juga akan mendukung dari segi anggaran kepada daerah-daerah yang akan dibangun bandara.

Sehingga diharapkannya pembebasan lahan di tahun 2021 ini harus dapat terselesaikan. Karena sebagai salah satu syarat untuk mewujudkan mimpi Kayong Utara memiliki bandara.

“Ada statemen menteri, bahwa di tahun 2021 Kemenhub akan menganggarkan Rp1,6 triliun untuk 16 calon bandara seluruh indonesia, termasuk Kayong Utara. Kalau jadi pembebasan lahan, kita dapat 100 miliar sebagai dana bantuan,” tambahnya.

“Harapan kita warning dari kementerian jika kita tidak dapat melakukan pembebasan lahan, bisa dialihkan pembangunan bandara ke kabupaten induk. Maka dari itu mari kita sama-sama berjuang agar terwujud cita-cita kita,” tandasnya. (fauzi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *