Tangguh Lawan Covid-19, Kuliah Kerja Usaha Universitas Muhammadiyah Pontianak Sasar Warga Terdampak

PROTOKOL KESEHATAN - Salah satu kegiatan Kuliah Kerja Usaha Universitas Muhammadiyah Pontianak tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Sebanyak 734 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak melaksanakan Kuliah Kerja Usaha (KKU) di 14 kabupaten/kota. Mereka membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dan pemberdayaan masyarakat berbasis ekonomi kreatif.

Kegiatan yang dikerjakan melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Muhammadiyah Pontianak ini menyasar masyarakat dan UMKM terdampak Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Mahasiswa ditempatkan sesuai domisili masing-masing dengan seluruh pelaksanaan mengikuti protokol kesehatan,” kata Rektor Universitas Muhammadiyah Pontianak, Doddy Irawan.

Kegiatan tersebut dipersiapkan, dimonitoring dan dievaluasi secara daring menggunakan aplikasi yang sudah dihakciptakan Universitas Muhammadiyah Pontianak. Mereka sosialisasi protokol kesehatan ke rumah-rumah, pasar dan tempat ibadah.

Sementara dalam menumbuhkan ekonomi kreatif, mahasiswa melakukan pelatihan pembuatan aneka produk, seperti masker, face shield, hand sanitizer, lampu hias dari bahan bekas, pengolahan ikan dan permen berbahan jahe.

Doddy Irawan berharap teknologi yang diberikan kepada masyarakat dapat dilanjutkan meskipun kegiatan KKU sudah selesai.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Muhammadiyah Pontianak, Edy Suryadi kepada masyarakat mengatakan KKU Tangguh Covid-19 merupakan adaptasi mereka untuk tetap mengabdi kepada masyarakat.

“Semoga masyarakat dapat melanjutkan teknologi-teknologi yang diberikan dan kebiasaan-kebiasaan di masa new normal yang sudah disosialisasikan,” katanya.

Pada pelaksanaan KKU, ini juga dihasilkan artikel ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa dan diterbitkan pada jurnal ilmiah nasional dan video pelaksanaan kegiatan KKU pada Youtube channel Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *