UMKM Indonesia Turut Partisipasi dalam Pameran MUSIAD Expo di Turki

Ilustrasi, produk UMKM Indonesia.(Istimewa)

JAKARTA, insidepontianak.com – Sebanyak 29 UMKM Indonesia berpartisipasi dalam pameran MUSIAD Expo 2020 pada 18-21 November 2020 di Turki, untuk menggencarkan promosi berbagai produk seperti makanan olahan, pertanian, kosmetik, dan konsultan pendidikan.

Dikutip dari Antaranews, selain mengajak para pelaku usaha dari Tanah Air, KJRI Istanbul juga melibatkan pelaku-pelaku usaha diaspora Indonesia di Turki, seperti Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Turki dan Kelompok Eksportir Muda Indonesia (KEMI) Turki untuk bergabung dalam pameran tersebut.

Bacaan Lainnya

Dalam keterangan tertulis KJRI Istanbul, Sabtu, Konsul Jenderal Imam As’ari menyambut baik kegiatan itu, yang disebutnya dapat membuat produk UMKM Indonesia naik kelas.

“Momentum MUSIAD Expo ini diharapkan dapat meningkatkan ekspor produk UMKM melalui penetrasi pasar dan membangun jejaring kerja sama kemitraan dan kolaborasi dengan pengusaha Turki,” ujar dia.

Selain itu, Imam melanjutkan, letak strategis geo-ekonomi pasar Turki perlu digarap secara serius dan dijadikan pusat bagi ekspansi ekspor produk-produk ke pasar negara-negara di kawasan Uni Eropa dan Eropa Timur, khususnya Rusia, serta kawasan Asia Tengah dan Timur Tengah.

MUSIAD Expo merupakan salah satu pameran lintas sektor di Turki dan dikunjungi ribuan pengunjung, termasuk para pelaku usaha potensial.

Di tengah kondisi adaptasi normal baru, penyelenggara pameran dilaporkan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat demi memastikan kenyamanan pengunjung.

Gedung TUYAP di Istanbul yang menjadi lokasi pameran telah mendapat sertifikasi COVID-19 Safe Service dari Turkish Standard Institution.

Hubungan perdagangan Indonesia-Turki menunjukkan prospek yang menjanjikan. Hingga September 2020, nilai perdagangan Indonesia-Turki tercatat 958.400 dolar AS (sekitar Rp13,5 miliar), hampir menyamai nilai pada periode yang sama tahun 2019 yang berjumlah 1,1 juta dolar AS (sekitar Rp15,5 miliar).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *